The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan struktur dan ciri kebahasaan teks eksposisi siswa kelas X SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah struktur dan ciri kebahasaan teks eksposisi sebanyak 36 karya siswa. Peneliti adalah instrumen penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi data umum, mengidentifikasi data berdasarkan teori, menganalisis data, mencatat data yang telah dianalisis, dan menyimpulkan. Temuan dalam penelitian ini adalah pertama, siswa kelas X SMA Pertiwi 1 Padang tergolong baik dalam penggunaan teks eksposisi. Hal ini ditinjau berdasarkan kelengkapan dan ketepatan penggunaan tesis, argumentasi, dan penegasan ulang. Meskipun demikian, masih ada beberapa penggunaan tesis, argumentasi, dan penegasan ulang yang tidak sesuai dengan teori. Kedua, siswa telah menggunakan keempat ciri kebahasaan, yaitu pronomina, nomina, verba, dan konjungsi.