Abstract
Artikel ilmiah merupakan salah satu aktivitas yang tidak terlepas dari kegiatan berbahasa. Notabennya ejaan dalam penulisan artikel ilmiah juga menjadi sorotan kajian sesuai dengan Peraturan Kementerian Kebudayaan Nomor 50 tahun 2015 yaitu Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) yang mana terdapat empat, yaitu (1) pemakaian huruf, (2) penulisan kata, (3) pemakaian tanda baca, dan (4) penulisan unsur serapan. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengkaji kesalahan berbahasa pada penulisan artikel ilmiah mahasiswa. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa data-data dan perilaku yang diamati menggunakan teks secara detil dan secara mendasar penelitian kualitatif memiliki dua tujuan: (1) menggambarkan dan mengungkapkan (to describe and explore), dan (2) menggambarkan dan menjelaskan (to describe and explain). Peneliti juga menggunakan pendekatan analisis isi. Disimpulkan banyaknya kesalahan berbahasa yang dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah mahasiswa