Penerapan Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art & Math) di Taman Kanak-Kanak Hang Tuah Padang

Dwi Rahayu Anizal(1), Sri Hartati(2),
(1)   Indonesia
(2) PGPAUD Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/116776

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan guna mendeskripsikan mengenai penerapan pembelajar berbasis STEAM(Science, Technology, Engineering,  Art & Math) di Taman Kanak-kanak Hang Tuah Padang. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan kepala sekolah dan guru sebagai respondennya. Teknik yang dimanfaatkan guna memperoleh data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur dalam analisis data menggunakan beberapa teknik seperti pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk pengabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran berbasis STEAM di Taman Kanak-kanak Hang Tuah Padang telah terlaksana dengan baik. Para guru telah menyusun rencana, menerapkan, dan mengevaluasinya dari proses kegiatan belajar berbasis STEAM tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis STEAM telah sesuai yang dibuktikan dengan penyusunan rencana, pelaksanaan, dan evaluasi yang dirancang oleh guru tersebut

Article Metrics

 Abstract Views : 453 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.