Abstract


Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh toilet training  yang signifikan terhadap pembentukan sikap mandiri anak usia 2-3 tahun di Desa Banten Lama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan metode kuantitatif ex-post facto. Jumlah sampel diambil berdasarkan teknik purposive sampling yaitu 25 anak usia 2-3 Tahun di Desa Banten Lama. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa angket, teknik pengumpulan data menggunakan skala. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, dan uji hipotesis yang di olah dengan bantuan program SPSS 22.0 for windows. Berdasarkan hasil  analisis data data terdapat nilai signifikan yang diperoleh dari hasil uji hipotesis ialah sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai α yang ditetapkan yaitu 0,05, artinya H1 diterima serta H0 ditolak.  Jadi penelitian  ini dapat disimpulkan bahwa toilet training memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan sikap mandiri anak usia 2-3 tahun di Desa Banten Lama, Serang-Banten