PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK MAWADDAH PADANG KUNYIK KAMANG MAGEK KABUPATEN AGAM
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang,  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/103736
Full Text: Language :
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada kemampuan berbicara anak Taman Kanak-kanak Mawaddah Padang Kunyik yang belum berkembang secara optimal. Hal ini terlihat saat ada anak yang mau berbicara, itupun guru yang memulai bertanya terlebih dahulu, ada anak yang tidak mau menjawab pertanyaan guru untuk menyampaikan pendapat, ide, pikiran dan kehendaknya dalam berkomunikasi dengan guru dan teman-temannya, serta anak juga ragu-ragu dalam berbicara dan sulit memilih kata-kata yang akan diucapkan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak adalah melalui bermain peran. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek 15 orang anak-anak Taman Kanak-kanak Mawaddah Padang Kunyik tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus setiap siklus terdiri 3 kali pertemuan. Data didapat dari hasil observasi dan dokumentasi. Kemudian hasil observasi dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian diperoleh peningkatan kemampuan berbicara anak melalui bermain peran dalam berkomunikasi secara lisan, menjawab pertanyaan secara kompleks, serta mengungkapkan perasaan dan ide dalam permainan. Jadi dapat disimpulkan melalui bermain peran dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak.
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Allen, K. Eileen dan Lyyn R Marotz. 2010. Profil Perkembangan Anak Prakelahiran Hingga Usia 12 Tahun Edisi 5. Jakarta: Indeks.
Arsjad, Maidar G & Mukti.1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
Depdiknas. 2009. Pedoman Pembelajaran Persiapan Membaca Dan Menulis Melalui Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta.
Dhieni, Nurbiana. dkk. 2015. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta. Universitas Terbuka.
Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Paud. Yogyakarta: Ar-Rzz Media.
Gunarti,Winda. 2017. Metode pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia dini. Tangerang Selatan.Universitas Terbuka
Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak Jilid I. Alih Bahasa: Agus Dharma.
Iskandarwassid & Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kundar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta:Pt Rajagrafindo Persada
Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2010. Kurikulum Taman Kanak-Kanak Pedoman Penilaian Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta
Kementerian pendidikan dan kebudayaan.2015. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta
Latif, Mukhtar, dkk. 2013. Pendididkan anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenamedia Group.
Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Anak. Jakarta : Kencana.
Moeslhicatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Rineka Cipta
Musfiroh,Tadkiroatun. 2010. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Dalam Buku 2: Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak. Yogyakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Ryon 11, Kementerian Pendidikan Nasional, UNY. Nasar). Jakarta: PT Indeks.
Sit, Masganti. 2017. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.
Seefeldt, C. & Wasik, B. A. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini. (Penerjemah: Pius Setia.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Y Yaswinda and Y Yulsyofriend. 2018. Development Literacy Based on the Neuroscience Theory for Early Childhood in Digital Era. 4th International Conference on Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks (SECRET 2018). Atlantis Press
Article Metrics
Abstract Views : 1643 timesPDF Downloaded : 30 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.