PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN BOWLING MODIFIKASI DI TAMAN KANAK-KANAK AL IKHSAN PASAMAN

Fitri Susanti(1),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang,  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/103717

Full Text:    Language : 

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum kemampuan mengenal bilangan pada anak,  anak tidak bisa menunjukkan benda dengan jumlah yang sama dengan lambang bilangan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal bilangan pada anak melalui permainan boWling modifikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak Taman Kanak - Kanak Al Ikhsan Tolang Dolok Pasaman dengan jumlah 15 orang. Penelitian dilakukan selama 2 bulan yaitu pada Juli-Agustus 2018. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dengan 3 kali pertemuan dan siklus II dengan 3 kali pertemuan. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi dan studi dokumentasi. Data kemudian diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian pada pelaksanaan Siklus I pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal bilangan pada anak. Setelah dilakukan siklus II pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga terlihat peningkatan yang berarti terhadap kemampuan mengenal bilangan pada anak terutama pada aspek membilang urutan 1-10, membilang dengan menunjukkan benda 1-10, dan menunjukkan urutan 1-10. Berdasarkan siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal bilangan anak dapat ditingkatkan dengan permainan boling modifikasi.

 


Keywords


Mengenal Bilangan; Permainan Bowling; Modifikasi

References


Arikunto, S., Suhardjono.,&Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas, 2003. Undang — Undang No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Didaktik Metodik di Taman Kanak - Kanak. Jakarta : Depdiknas

Madyawati, Lilis, 2012. Bermain Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Prenada media Group.

Harun Rasyid, Mansyur & Suratno. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia

Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Mutiah, Diana, 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana

Saputra dan Rudyanto. 2005. “Pengertian Motorik Halus Anak”. Bandung: Bumi

Aksara.

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini: Teori Dan Praktik Pembelajaran. Padang: UNP Press.

Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini : Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori. Jakarta: Kencana

Usman, Moh Uzer, 1995. Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.


Article Metrics

 Abstract Views : 695 times
 PDF Downloaded : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.