Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum kemampuan mengenal bilangan pada anak, anak tidak bisa menunjukkan benda dengan jumlah yang sama dengan lambang bilangan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal bilangan pada anak melalui permainan boWling modifikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak Taman Kanak - Kanak Al Ikhsan Tolang Dolok Pasaman dengan jumlah 15 orang. Penelitian dilakukan selama 2 bulan yaitu pada Juli-Agustus 2018. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dengan 3 kali pertemuan dan siklus II dengan 3 kali pertemuan. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi dan studi dokumentasi. Data kemudian diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian pada pelaksanaan Siklus I pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal bilangan pada anak. Setelah dilakukan siklus II pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga terlihat peningkatan yang berarti terhadap kemampuan mengenal bilangan pada anak terutama pada aspek membilang urutan 1-10, membilang dengan menunjukkan benda 1-10, dan menunjukkan urutan 1-10. Berdasarkan siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal bilangan anak dapat ditingkatkan dengan permainan boling modifikasi.