PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN KANTONG PINTAR DI TK AL-HIKMAH LUBUK BASUNG
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang,  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/103716
Full Text: Language :
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam mengenal angka dan konsep bilangan di TK Al Hikmah Lubuk Basung, penyebabnya diperkirakan oleh kurang menarik dan efektifnya media pembelajaran seperti gambarnya yang kecil dan tidak berwarna atau masih bersifat abstrak, kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak. Tujuan penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Al Hikmah Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia dini melalui permainan kantong pintar. Subjek penelitian ini adalah anak-anak Taman Kanak-Kanak Al-hikmah Lubuk Basung Kelompok B3 dengan jumlah anak 15 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dua siklus masing-masing siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan kantong pintar memang terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep dan lambang bilangan anak di Taman Kanak-Kanak Al Hikmah Lubuk Basung. Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak ditandai dengan meningkatnya mengenal konsep bilangan, mencari angka, menyebutkan urutan bilangan, dan mengurutkan angka 1-10.
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi, Dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. 2003. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Anak Usia Dini. Jakarta
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Dini, Yurinda. 2011. Bermain Angka dan Berhitung 1-20 sambil Mengenal Buah dan Sayur. Jakarta: Cikal Aksara.
Dwiyogo. 2013. Permainan Bilangan. Jakarta: Kencana
Elida, Prayitno. 1995. Perkembangan Anak Usia 3-6 tahun. Padang.
Elliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini.Jakarta:Depdiknas.
Hatimah, dkk. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama.
Husdarta dan Nurlan. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Depdiknas.
Inawati, Maria. 2011. Meningkatkan Minat Mengenal Konsep Bilangan Melalui Metode Permainan. Jakarta: Penabur.
Permendikbud No.137 Tahun 2014. Tentang Standar Nasional PAUD. Jakarta : Depdiknas
Sujiono, 2009. Pengertian Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Article Metrics
Abstract Views : 2548 timesPDF Downloaded : 149 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.