Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam mengenal angka dan konsep bilangan di TK Al Hikmah Lubuk Basung, penyebabnya diperkirakan oleh kurang menarik dan efektifnya media pembelajaran seperti  gambarnya yang kecil dan tidak berwarna atau masih bersifat abstrak, kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak. Tujuan penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Al Hikmah Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia dini melalui permainan kantong pintar. Subjek penelitian ini adalah anak-anak Taman Kanak-Kanak Al-hikmah Lubuk Basung Kelompok  B3 dengan jumlah anak 15 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dua siklus masing-masing siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan kantong pintar memang terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal  konsep dan lambang bilangan anak di Taman Kanak-Kanak Al Hikmah Lubuk Basung. Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak ditandai dengan meningkatnya mengenal konsep bilangan, mencari angka, menyebutkan urutan bilangan, dan mengurutkan angka 1-10.

 


Keywords


kognitif; konsep; bilangan