The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Jalan angkut tambang yang ideal akan mengoptimalkan hasil produksi yang sesuai dengan target produksi yang telah direncanakan. Target produksi overburden di PT Bima Putra Abadi Citranusa pada bulan Februari 2023 adalah sebesar 630.854 BCM perbulan, sedangkan produksi aktualnya adalah sebesar 471.684,20 BCM perbulan. Ketidaktercapaian tersebut salah satunya disebabkan oleh geometri jalan angkut yang kurang ideal, seperti lebar jalan yang kurang ideal, grade yang terlalu tinggi dan lain sebagainya, sehingga waktu travel dump truck dari Front menuju Disposal atau Inpit Dump menjadi sangat lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui geometri jalan angkut aktual, mengkaji kondisi jalan angkut aktual di lapangan dengan hasil perhitungan matematis berdasarkan ketentuan AASHTO, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi jalan angkut. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan desain layout jalan angkut tambang dari front pit menuju inpit dump sidewall pit BPAC dengan 10 segmen. Geometri jalan angkut aktualnya memiliki lebar jalan lurus antara 11,48-24,775 meter, lebar jalan tikungan antara 14,934-22,408 meter, superelevasi antara 0,08- 0,1 meter dengan jari-jari tikungan antara 7,92-11,591 meter dan grade jalan antara 0,80-12,70%. Berdasarkan perhitungan geometri jalan menggunakan ketentuan AASHTO masih banyak yang belum memenuhi standar. Jalan angkut tambang dipengaruhi oleh tanggul pengaman, drainase, rambu-rambu jalan dan penyiraman water tank.