The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstract. PT Bukit Asam Tbk merupakan sebuah perusahaan pertambangan milik Indonesia, mengkhususkan diri dalam berbagai aspek pertambangan batu bara, termasuk survei umum, eksplorasi, eksploitasi, pengolahan, penyulingan, transportasi, dan perdagangan. Perusahaan ini berkomitmen untuk memelihara fasilitas pelabuhan batu bara guna memenuhi permintaan internal dan eksternal. PT Bukit Asam Tbk menggunakan sistem pertambangan terbuka, dengan menggunakan metode pertambangan kontinu dengan peralatan seperti excavator roda ember (BWE), backhoe, dan truk angkut. Beberapa faktor menghambat operasi optimal sistem pengangkutan, termasuk kondisi jalan angkut yang sempit, yang mengharuskan satu sistem pengangkutan berhenti saat yang lain melewati. Selain itu, kemiringan curam memerlukan kecepatan yang dikurangi untuk navigasi yang aman, dan permukaan jalan yang tidak rata menyebabkan penyebaran material selama transportasi. Untuk mengatasi tantangan ini, evaluasi teknis terhadap geometri jalan angkut diperlukan. Evaluasi ini bertujuan untuk menyederhanakan proses transportasi dan meningkatkan keselamatan operator pengangkutan. Lebar jalan angkut bervariasi antara kondisi lurus dan belok, dengan lebar belokan secara konsisten lebih besar. Desain ini disengaja untuk mengakomodasi deviasi potensial dalam lebar pengangkutan yang disebabkan oleh sudut yang dibentuk oleh roda depan dengan badan truk saat melewati tikungan. Jalan tambang yang ideal mempertahankan kemiringan lintang antara 20 mm/m dan 40 mm/m (2% hingga 4% untuk setiap meter lebar jalan). Kasus khusus jalan AWR Pit 1 melibatkan jalan angkut sepanjang 2.375 meter, tersegmentasi menjadi empat segmen jalan lurus dan satu segmen jalan belok. Beberapa segmen jalan memenuhi nilai kemiringan lintang yang dibutuhkan, sesuai dengan standar jalan setelah perhitungan dan penilaian menyeluruh.