The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


CV. Tahiti Coal merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan telah berinvestasi di Kota Sawahlunto. Bahan galian yang telah ditambang adalah batubara. Secara administrasi lokasi KP Eksploitasi tersebut di Desa Sijantang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat dengan luas 53,80 Ha. Pada wilayah izin usaha penambangan CV. Tahiti Coal penulis menemukan adanya  pada permukaan lereng lubang Thc-04 dengan ketinggian sekitar ±29,5m dengan kemiringan 77° yang berkemungkinan akan terjadinya longsor. dengan kondisi lereng tersebut berpotensi membahayakan pekerja dan menghambat produksi. Berdasarkan data hasil pengujian sifat fisik dan mekanik batuan siltstone mendapatkan nilai bobot isi asli 20,83KN/m3, nilai bobot isi jenuh 23,07KN/m3, nilai bobot isi kering 18,19 KN/m3, kohesi (c) = 40,1 Kpa dan sudut geser dalam (ϕ) = 40,47°. Analisis nilai faktor keamanan (FK) dari lereng aktual kondisi jenuh didapat nilai FK sebesar 0,910. rekomendasi geometri lereng aktual kondisi jenuh menggunakan metode Janbu simplified dengan ketinggian keseluruhan 29,5m dan kemiringan 66˚ dimana lereng tunggal 1 didapat nilai Fk Sebesar 1,407 dengan ketinggian 15m dan sudut 80˚, pada lereng tunggal 2 didapat nilai FK sebesar 1,390 dengan ketinggian 14,5m dan sudut 77˚, sehingga di peroleh FK  lereng keseluruhan dalam kondisi jenuh sebesar 1,301.