Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Menciptakan Pembelajaran Kontekstual IPA SMP dan MTs Kota Payakumbuh Dimasa Pandemi Covic-19

Amali Putra(1), Yurnetti Yurnetti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/bt.v5i5.110788

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak – Dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru-guru yang terhimpun dalam wadah MGMP IPA SMP Kota Payakumbuh agar kualitas pembelajaran daring/online dimasa pandemi Covid-19 tidak menurun dibandingkan pembelajaran lurung/offline dalam keadaan normal, telah dilakukan Program Kemitraan Masyarakat(PKM) berupa pelatihan pembuatan video pembelajaran dalam bentuk MP4 sebanyak 5 kegiatan pada tanggal 2, 9, 16, 30 Oktober dan 14 November 2020. Berdasarkan data yang diperoleh dari awal sampai akhir kegiatan menyimpulkan bahwa:1)Peserta mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengembangkan video pembelajaran. 2) Kualitas kegiatan pelatihan berada pada kategori baik berdasarkan indikator indikator : a) tingkat partisipasi kehadiran peserta pelatihan rata-rata 87,2%; b) jumlah produk video pembelajaran yang dihasilkan sebanyak 63,6 % dari target yang direncanakan; c) berdasarkan data angket persepsi guru, kegiatan pelatihan memberikan manfaaat karena sesuai dengan permasalahan guru, dan dapat mengatasi kesulitan guru dalam merancang video pembelajaran dan peserta pelatihan berniat untuk tetap mengembangkan video pembelajaran setelah mengikuti pelatihan

Keywords — Covid-19, pembelajaran online, video pembelajaran, kontekstual, profesionalitas guru, IPA SMP

Article Metrics

 Abstract Views : 213 times
 PDF Downloaded : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.