The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


TPA Sampah Muaro Kiawai berada ditengah-tengah perkebunan sawit. Untuk mengetahui arah rembesan lindi yang diakibatkan oleh cairan sampah yang berasal di TPA Sampah Muaro Kiawi maka dilakukan pengambilan data geolistrik dengan metode dipole dipole. Diharapkan dari hasil geolistrik tersebut diperoleh gambaran arah aliran lindi. Selain itu diharapkan juga dapat diketahui kualitas air sungai yang berada di dekat TPA Sampah. Dari pengambilan data yang telah dilakukan maka diperoleh Panjang Lintasan 1 dari arah Barat ke Timur adalah 48 m dengan spasi elektroda 1 m, data yang diperoleh pada Lintasan 1 berjumlah 609 data. Panjang Lintasan 2 dari arah Barat ke Timur yaitu 48 m dengan spasi elektroda 1 m, data yang diperoleh pada Lintasan 2 yaitu 609 data. Panjang Lintasan 3 dari arah Barat ke Timur yaitu 48 m dengan spasi elektroda 1 m,data pada Lintasan 3 yaitu 609 data. Panjang Lintasan 4 dari arah Barat Laut ke Tenggara yaitu 48 m dengan spasi elektroda 1 m, data pada Lintasan 4 yaitu 609 data. Dari hasil interprestasi  lapisan berwarna biru hingga hijau muda diestimasi sebagai sebaran air lindi dengan rentangan tahanan jenis di bawah 10 Ωm ditemukan pada kedalam 1 - 2 meter dari permukaan tanah. Arah rembesan air lindi adalah menuju utara searah dengan arah aliran kolam lindi dan diperkiran sudah mencemari air yang berada di anak sungai. Dilihat dari hasil penampang lintasan penelitian yang berdekatan dengan anak sungai, menunjukkan adanya indikasi pencemaran lindi

 

Kata Kunci: TPAS  Ampang  Muaro Kiawai,  metode geolistrik konfigurasi  dipole dipole