IMPROVING STUDENTS’ UNDERSTANDING OF SHORT STORIES THROUGH COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
(1) Program Pascasarjana Fakultas bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa
DOI : https://doi.org/10.24036/ld.v5i1.9971
Full Text: Language : en
Abstract
Berdasarkan observasi peneliti, sebagian besar mahasiswa semester empat. Jurusan basasa Inggeris di STAI-MU Tanjungpinang rendah dalam pemahaman dan susah dalam menganalisa lima unsur narasi; alur, waktu/tempat, karakter, sudut pandang penulis, ide cerita.Tujuan penelitian adalah untuk menemukan sejauhmana CIRC meningkatkan pemahaman mahasiswa pada cerita pendek dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian mempergunakan CIRC untuk menyelesaikan masalah.
Penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dengan 22 orang peserta. Peneliti dibantu oleh seorang kolaborator dalam melakukan prosedur penelitian. Test, tugas, pengamatan, catatan lapangan dan wawancara merupakan alat penelitian. Data dianalisa dengan dua teknik: data kuntitatif dianalisa degan mengunakan nilai rata-rata. Untuk melihat nilai rata-rata siswa yang didapat dari ujian pemahaman membaca, sementara data kualitatif didapat dari pengamatan, catatan lapangan, dan wawancara.
Temuan penelitian adalah terdapat peningkatan pemahaman cerita pendek melalui CIRC yang dapat dilihat dengan membandingkan nilai siswa siklus I (51,68%), dan II (78,1%). Peningkatan dipengaruhi oleh beberapa faktor: materi, alat peraga, aktifitas kelas, pendekatan guru, dan strategi. Dapat disimpulkan bahwa, Penerapan CIRC dapat meningkatkan pemahaman cerita pendek lebih baik pada semester empat jurusan bahasa Inggeris STAI-MU TanjungpinangReferences
Anna, Uhl Chamot, et.al.2006. Conducting An Action Research in the Foreign Language Classroom. Washington, DC: National Capital. Language Resoucer Center, Retrieved on December 20th, 2010.
Cresswell,John W.2005.Educational Research (2nd ed) New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Farboy, Sandy (2010).” Penerapan Metode Cooperative Integr Reading and Composition (CIRC) Untuk meningkatkan Kemampuan Menemukan Gagasan Utama Sebuah Teks pada siswa kelas VII di SMP Neeri 3 Batu Tahun Ajaran 2009/2010” Internet Retrived 28 Mar 2011 11:30. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint, /9751
Gay, L.R 1990. Educational Research: Competences for Analysis and Aplication. (3rd ed,).Macmillan: Publishing Company.
Gay, L.R and Peter Airasian.2000, Educational Research: Competencies for Analysis and Application (6th ed) Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.
Lawrence,James A Theory of the Short Story. Retrived March 20th, 2011.Http://www.jstor.org/stable/25121469
Malone, Erin.” Analyzing A Short Story In English Composition” Article Source http://EzineArticles.com/6167747. Retrived January 20th,2011.(http://ezinearticles.com/?Analyzing.A.Short-Story-in-English-composition)
Merriam Webster’s. 1988. Ninth New Collegiate Dictionary (class of ’88). Sringfield: Merriam-Webster, Incorporated.
Rusydi. 2007. “Increasing Student’s Motivation and Participation in Writing through Cooperative Integrated Reading and Composition Model” Unpublished Thesis. Padang: UNP.
Santi, Hanifah. 2010.Improving students’Reading Comprehension of Narrative texts by using Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Technique at class VIII.5 of SMPN 6 Pekanbaru. Unpublished Thesis.Padang: UNP.
Sulistianingsih Endang, 2010.“The Influence of Cooperative Integrated Reading and Composition Method on Students' Ability in Writing Narrative Text (A Case Study on the Eight Grade of Junior High School of SMP N 1 Tegal in the Academic Year 0f 2009/2010)” http://www.perpus.upstegal.ac.id/home/v2/indos.php?mod=katalog.karya ilmiah.shc. internet retrived 26 September
Zainil, (2008). Classroom Action Research. Padang: Suka Bina Offset.
Article Metrics
Abstract Views : 439 timesPDF Downloaded : 106 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.