STRATEGI BERTUTUR GURU BAHASA INDONESIA DAN DAMPAKNYA TERHADAP SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP PERGURUAN ISLAM AR-RISALAH PADANG
(1) Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa
DOI : https://doi.org/10.24036/ld.v5i1.9970
Full Text: Language : ind
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seringnya siswa mengeluh bahwa pembelajaran di kelas kurang menyenangkan. Salah satu penyebab masalah itu adalah guru belum menggunakan strategi bertutur secara baik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripksikan dan menjelaskan strategi bertutur, konteks situasi tutur penggunaan setiap strategi bertutur, dampak penggunaan strategi bertutur terhadap kejelasan maksud penutur, dan dampak penggunaan strategi bertutur itu terhadap kesantunan berbahasa guru dalam proses pembelajaran di SMP Perguruan Islam Ar-Risalah Padang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian berupa rekaman tindak tutur dan hasil pengamatan tindak tutur yang dilakukan oleh siswa Ar-Risalah, dan hasil wawancara dengan guru dan siswa di SMP Perguruan Islam Ar-Risalah Padang. Analisis data dilakukan dengan mengikuti model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan kesimpulan tentang temuan penelitian.
Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut ini. Strategi bertutur guru dalam proses pembelajaran di SMP Perguruan Islam Ar-Risalah Padang adalah strategi bertutur terus-terang tanpa basa-basi (BTTB), strategi bertutur terus-terang dengan basa-basi kesantunan positif (BTBKP), strategi bertutur terus-terang dengan basa-basi kesantunan negatif (BTBKN), dan strategi bertutur samar-samar (BS). Dari keempat strategi bertutur yang disukai oleh siswa adalah strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif dan strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif. Penggunaan strategi BTTB dan BTBKP berdampak atau mengakibatkan makna tindak tutur menjadi jelas. Penggunaan strategi BTBKN dan BS berdampak atau mengakibatkan makna tindak tutur kurang jelas. Penggunaan strategi BTTB dan BTBKP berdampak atau mengakibatkan makna tindak tutur terasa santun dalam konteks masalah yang dibicarakan tidak sensitif dan dalam suasana akrab atau humor. Penggunaan strategi BTBKN dan BS berdampak santun dalam konteks suasana resmi dan kurang akrab.Keywords
References
Agustina. 1995. Pragmatik dalam Pengajaran Bahasa Indonesia. Padang: IKIP Padang.
Alwi, Hasan. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunarwan, Asim. 1994. Pragmatik: Pandangan Mata Burung. Jakarta: Lembaga Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, Kosadi, dkk. 1987. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Binacipta.
Ibrahim, Abd. Syukur. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.
Iskandarwassid. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ismari. 1995. Tentang Percakapan. Surabaya: Airlangga University Press.
Lakof, Robin. 1973. “The Logic of Politeness or Minding Tour P’s ang q.s. Dalam Papers From the Ninth Regional Meeting of the Chicago Linguistic Society. Chicago: Chicago Linguistics Society.
Leech, Geoffrey. 1982. Principles of Pragmatic. London: Longman.
Levinson, S.C. 1983. Pragmatic. Cambridge: Cambridge Universty Press.
Lubis, Hamid. 1991. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa Bandung.
Miles, M.B dan A.M. Huberman. 1984. Analisis Data Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nadir, F. X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Oktavianus. 2010. Dekonstruksi Mitos Kehamilan (Tindak Tutur, Semiotik, dan Filsafat Kehendak). Padang: Minangkabau Press.
Pateda, Mansoer. 1990. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.
Prayitno, dkk. 2009. Buku Panduan Penulisan Tesis dan Disertasi. Padang: Program Pascasarjana UNP.
Purwo, Bambang Kaswanti. 1990. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius.
Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Erlangga.
Kunjana, Rahardi, 2006. Bahasa Kaya Bahasa Berwibawa. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Rahardi, Kunjana. 2009. Sosiopragmatik. Yogyakarta: Erlangga.
Ramadansyah, 2010. Paham dan Terampil Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: Dian Aksara Press.
Richmond, V.P. McCroskey, J.C. Payne, S.K. 1991. Nonverbal Behavior in Interpersonal Relations. Englewood Cliffs. New Jersey: Prentice Hall.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Syamsuddin, A.R. 1992. Studi Wacana: Teori Analisis Pengajaran. Bandung: Mimbar Pendidikan bahasa dan Seni FPBS IKIP Bandung.
Syahrul, 2008. Pragmatik Kesantunan Berbahasa. Padang: UNP Press.
Sudaryanto, 1988. Metode Linguitik II, Metode dan Aneka Teknik Pengumpulan Data. Yogyakarta: Gajah Mada Unversiti.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Suyono. 1991. Panduan Pengajaran Pragmatik. Malang: YA3.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Usman, Amir Hakim. 2003. Pelangi Bahasa. Padang: UNP Press.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wijana, Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.
Yasin, Anas. 2008. Tindak Tutur: Sebuah Model Gramatika Komunikatif. Padang: Sukabina Offset.
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Article Metrics
Abstract Views : 1157 timesPDF Downloaded : 347 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.