Abstract
Key words: Error analysis; Interlanguage; Target Modification Taxonomy;
ANALISA KESALAHAN INTERLANGUAGE: EVALUASI FORMATIF UNTUK MAHASISWA TAHUN PERTAMA
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk menemukan kesalahan interlanguage yang dibuat oleh mahasiswa baru atau tahun pertama Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang. Penelitian ini perlu dilakukan karena hasil darai penelitian ini bisa dijadikan sebagai evaluasi formatif dari dosen untuk mahasiswa tahun pertama. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, didukung oleh perhitungan kuantitatif sederhana. Data berasal dari nilai ujian tengah semester mahasiswa. Jenis tes yang digunakan adalah pilihan ganda, melengkapi kalimat rumpang dan ujian menulis. Dalam ujian menulis, mahasiswa diminta untuk menulis satu buah paragraf. Ada 6 (enam) kelas yang terlibat dalam penelitian ini. Satu kelas diambil sebagai kelas sampel. Target Modification Taxonomy oleh James (1998) digunakan dalam menganalisa dan mendiskripsikan jenis kesalahan yang dibuat oleh mahasiswa. Penelitian ini menemukan bahwa jenis kesalahan yang paling banyak dibuat oleh mahasiswa adalah omission.
Kata Kunci: Error analysis; Interlanguage; Target Modification Taxonomy;