Abstract
Key words: writing short story, folklore, Think Talk Write method
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN CERITA RAKYAT MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE
Abstrak
Menulis merupakan suatu keterampilan dalam menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulis. Penelitian yang dilakukan di kelas X IPA 2 SMA Negeri Karangpandan menunjukkan bahwa masih rendahnya nilai keterampilan siswadalam menulis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik dengan menggunakan metode Think Talk Write. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan Mei. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas X IPA 2 SMA Negeri Karangpandan. Data berupa foto, video, rpp, hasil tes, daftar nilai, catatan hasil wawancara dan catatan lapangan. Sumber data meliputi: informan, tempat dan peristiwa, dan dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dengan teknik analisis kritis dan teknik deskriptif komparatif. Indikator ketercapaian sebesar 80%. Prosedur penelitian terdiri perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan pelaporan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Think Talk Write mampu meningkatkan keterampilan menulis cerpen berdasarkan cerita rakyat peserta didik kelas X IPA 2 SMA Negeri Karangpandan.
Kata Kunci: menulis cerpen, cerita rakyat, metode Think Talk Write