AN ANALYSIS OF PREPOSITION ERRORS: The Case of in, on, and at
(1) IAIN Batusangkar  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa
DOI : https://doi.org/10.24036/ld.v11i1.7408
Full Text: Language : en
Abstract
Key words: preposition errors; preposition in, on, and at; error analysis; spoken language
ANALISIS ERROR DALAM PENGGUNAAN PREPOSISI:
Kasus pada Preposisi in, on, dan at
Abstrak
Penggunaan preposisi yang tepat dapat mempengaruhi kualitas informasi yang diberikan dalam bahasa lisan. Namun, error sering muncul dalam penggunaan preposisi tersebut, khususnya untuk preposisi in, on, dan at. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apa saja error yang dibuat oleh siswa dalam berbahasa Inggris. Data diperoleh dari transkripsi wawancara yang merupakan sumber data dari penelitian yang dilakukan oleh penulis sendiri pada tahun 2005 mengenai error dalam penggunaan preposisi dan diksi oleh siswa kelas satu SMAN 2 Padang ketika berbicara dalam bahasa Inggris. Temuan memperlihatkan bahwa error dalam penggunaan preposisi in dan at lebih sering muncul daripada error dalam penggunaan preposisi on. Error tersebut dikategorikan ke dalam dua jenis error yaitu misformation dan addition. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa munculnya error dalam penggunaan preposisi ketika berbahasa Inggris dipengaruhi oleh bahasa ibu atau bahasa kedua siswa.
Kata kunci: error dalam penggunaan preposisi; preposisi in, on, dan at; analisis error; bahasa lisanReferences
Ellis, R. (1997). SLA research and language teaching. Oxford: Oxford University Press.
Ellis, R. (2003). Second language acquisition. Oxford: Oxford University Press.
Dulay, Heidi, et.al. (1982). Language two. New York: Oxford University Press.
Hamzah. (2012). An analysis of the written grammatical errors produced by freshment students in english writing. Lingua Didaktika. Volume 6 No 1, Desember 2012. 17-25.
Hooper, J.S. (1980). A quick english reference. Kuala Lumpur: Oxford University.
Kırkgöz, Y. (2010). An analysis of written errors of Turkish adult learners of English. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 4352–4358.
Nonkukhetkhong, K. (2013). Grammatical error analysis of the first year English major students, Udon Thani Rajabhat University. The Asian Conference on Language Learning. Official Conference Proceedings 2013. Osaka, Japan. 117-12.
Porte, G. K. (1993). Mistakes, errors, and blank checks. English Teaching Forum. July Edition, 21-25. New Delhi: University of Delhi.
Richards, J. C. (1974). Error analysis: Perspectives on second language acquisition. London: Longman.
Suzanne, N. (2005). Grammatical and diction errors made by the first-year students of SMAN 2 Padang when speaking English. Unpublished Thesis. Padang: Universitas Negeri Padang.
Yildiz, M. (2015). Contrastive analysis of Turkish and English in Turkish EFL learners’ spoken discourse. International Journal of English Studies (IJES). University of Murcia. 57-74.
Article Metrics
Abstract Views : 4543 timesPDF Downloaded : 1634 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.