RAGAM BAHASA ANAK-ANAK: DITINJAU DARI SEGI SOSIOLINGUISTIK
(1) Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNP  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa
DOI : https://doi.org/10.24036/ld.v6i2.7406
Full Text: Language : en
Abstract
Perihal anak-anak selalu menarik untuk dibicarakan, termasuk proses pemerolehan bahasa pertama. Dalam berkomunikasi, ada beberapa kosakata yang menurut gramatika pemakaian yang sebenarnya kurang tepat atau jarang digunakan, tetapi dalam ragam bahasa anak dibenarkan, hal itu disebabkan karena melihat kondisi anak yang baru belajar bicara. Anak mulai belajar berbicara pada usia 18 bulan, dan kurang lebih saat usia tiga setengah tahun si anak boleh dikatakan sudah menguasai “tata bahasa” bahasa-ibunya. Dalam makalah ini dipaparkan urutan perkembangan pemerolehan bahasa anak-anak serta tahap-tahap perkembangan linguistik anak-anak. Selain itu makalah ini juga mengupas mengenai kata dalam ragam bahasa anak di Jepang.
Keywords
References
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta
Haruko dkk, Nihongo Kyooikujiten. Tokyo: Daishuukan Shooten
Nababan, P.W.J. 1993. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Miyazaki. 1991. Tonari no Totoro, Tokyo: Shogakukan.
Miyakawa, Yasue, Kin No Sakana, Child Honsha, Tokyo: Showa.
Nikelas, Syahwin. 1988. Pengantar Linguistik Untuk Guru Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Sudjianto. 2004. Gramatika Bahasa Jepang Modern Seri A, Kesaint Blanc, Jakarta.
Tarigan, H.G. 1988. Pengajaran Pemerolehan Bahasa, Angkasa, Bandung.
Tarumi, Masao, Zoo No Hana Wa Naze Nagai, Child Honsha. Tokyo, 56 Showa.
Tutui, Keisuku. 1981. Kita Kaze No Kureta Teburu Kake, Child Honsha, Tokyo.
Article Metrics
Abstract Views : 7039 timesPDF Downloaded : 2401 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.