THE EFFECT OF PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL (PWIM) AND STUDENTS’ SELF-EFFICACY TOWARD THEIR WRITING SKILL OF DESCRIPTIVE TEXTS AT GRADE X OF SMA NEGERI 1 IX KOTO SUNGAI LASI

Marsika Sepyanda(1),
(1) Pascasarjana Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa

DOI : https://doi.org/10.24036/ld.v6i2.7404

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini ditulis untuk melihat pengaruh strategi picture word inductive model (PWIM) dan self-efficacy siswa terhadap keterampilan mereka dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini merupakan quasi-experimental dengan rancangan factorial design. Data penelitian ini diambil dari hasil tes keterampilan menulis siswa dan angket self-efficacy. Kemudian, data tersebut dianalisis dengan menggunakan t-test dan Anova dua Arah melalui aplikasi Minitab 14. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi PWIM memberikan efek yang signifikan terhadap keterampilan menulis siswa jika dibandingkan dengan strategi listing yang biasa digunakan oleh guru dalam pengajaran menulis. Hasil tersebut memperlihatkan t-hitung sebesar 1,900 yang lebih besar daripada t-tabel yang bernilai 1,684. Kemudian, siswa yang memiliki self-efficacy tinggi yang diajarkan dengan strategi PWIM mempunyai kemampuan yang lebih baik dalam menulis teks deskriptif dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan strategi listing, dimana t-hitung sebesar 3,160 yang lebih besar daripada t-tabel yang bernilai 1,812. Akan tetapi, siswa yang memiliki self-efficacy rendah yang diajarkan dengan strategi PWIM tidak mempunyai kemampuan yang lebih baik dalam menulis teks deskriptif dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan strategi listing yang mana t-hitung sebesar 1,730 yang lebih kecil daripada t-tabel yang bernilai 1,812. Selanjutnya, dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa tidak ada interaksi antara strategi mengajar dengan self-efficacy terhadap keterampilan menulis siswa dimana F-hitung sebesar 0,08 yang lebih tinggi daripada F-tabel yang bernilai 2,58.


Keywords


picture word inductive model, self-efficacy, writing skill, descriptive text

References


Bandura, Albert. 1986. Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. New Jersey: Prentice Hall.

______. 1997. Self-Efficacy in Changing Society. Cambridge: Cambridge University Press.

Calhoun, Emily F. 1999. Teaching Beginning Reading and Writing with the Picture Word Inductive Model. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Erkan, D. Yavuz and A. İ. Saban. 2011. ‘Writing performance relative to writing apprehension, self-efficacy in writing, and attitudes towards writing: a correlational study in turkish tertiary-level EFL’. Asian EFL Journal, No. 3: 164-192.

Ferris, Dana R. And J. S. Hedgcock. 2005. Teaching ESL Composition: Purpose, Process, and Practice (Second Edition). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Harmer, Jeremy. 2007. The Practice English Language Teaching. New York: Longman.

Hedge, Tricia. 2000. Teaching and Learning in the Language Classroom. New York: Oxford University Press.

Hughes, Arthur. 2003. Testing for Language Teachers (Second Edition) Cambridge: Cambridge University Press.

Hyland, Ken. 2002. Teaching and Researching Writing. Harlow: Pearson Education.

Jiang, Xuan and K. Perkins. 2013. ‘A conceptual paper on the application of the picture word inductive model using bruner’s constructivist view of learning and the cognitive load theory’. Interdisciplinary Journal of Teaching and Learning, Vol. 3. No. 1: 8-17.

Lin, C. An and L. M. Wen. 2012. How Writing Self-Efficacy and Knowledge Influence the Use of Metacognitive Strategies for Business Writing: The Example of International Business Workers in Taiwan. Changhua: National Changhua University of Education.

Palmer, Sue. 2003. How to Teach Writing Across the Curriculum at Key Stage 1. New York: David Fultan Publishers.

Pajares, Frank. 2003. ‘Self-efficacy beliefs, motivation, and achievemnt in writing: a review of the literature’. Reading & Writing Quarterly, No. 19: 139-158.

Schunk, Dale H. and F. Pajares. 2001. The Development of Academic Self-Efficacy. San Diego: Academic Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 675 times
 PDF Downloaded : 205 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.