Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Menengah Pertama Kota Madiun
(1) Sebelas Maret University  Indonesia
(2) FKIP Universitas Sebelas Maret  Indonesia
(3) SMP Negeri 2 Madiun Jl. H.A. Salim, Taman, Madiun  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa
DOI : https://doi.org/10.24036/ld.v14i1.108330
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Anderson, L.W dan Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.
Ariyana, Y., Pujiastuti, A., dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorieantasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
Budiman, A. (2019). Keterlaksanaan Pembelajaran Higher Order Thinking Skills Materi Dinamika Atmosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan (Studi di SMA Pembangunan Lab UNP dan SMA Pertiwi 1 Padang. Jurnal Buana Universitas Negeri Padang, 3(4), 826–835.
Collin, R. (2014). Skills for the 21st century: Teaching higher-order thinking. Curriculum & Leardership Journal, 12(14).
Cresswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design. New York: Sage.
Ernawati. (2017). Pengembangan HOTS melalui Pembelajaran Mind Mapping. jakarta: Bumi Aksara.
Ita. (2018). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Pembelajaran Koorperatif Berbasis Inkuiri. Jurnal Bioedukasi, 11(1), 23–28.
Kumalasari, S.P., Setiawan, B., Sumarlam. (2017). Pedagogical competence of Indonesia teachers viewed from the anecdote writing lesson planning. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 11(2), 146-156.
Kurniati, D., Harimukti, R., Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155.
Miles, M.B. dan Hubermann, M. (2014). Qualitative Data Analysis. New York: Sage.
Ririsfiani, S., Ramli, S., Sultan. (2019). Level Berpikir Pertanyaan Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, 1(2), 111–119. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/bahasa.v1i2.37
Setiawati, Oktavia, A., D. (2018). Buku Penilaian Berorientasi HOTS. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
Sofyan, F. (2019). Implementasi HOTS pada Kurikulum 2013. Jurnal Inventa, 3(1), 1–17.
Sukandi, U., dkk. (2018). Praktik Baik dalam Pembelajaran di SMP dan MTs. Jakarta: Tanoto Foundation.
Suwarsi, Zaenal, M. (2018). Meningkatkan HOTS Siswa melalui Permainan Kartu Soal dalam Pembelajaran PBL. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Negeri Semarang, 249.
Winarni. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Penerapan Model PJBL di SD Izzatul Islam Getasan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(1), 18–24.
Zohar, A. (2006). The nature and development of teachers’ metastrategic knowledge in the context of teaching higher order thinking skill. Journal of the Learning Science, 14(3), 331-377. https://doi.org/10.1207/s15327809jls1503_2.
Article Metrics
Abstract Views : 2352 timesPDF Downloaded : 655 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.