The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya siswa tunanetra kelas IX di SLB Wacana Asih Padang yang belum menguasai cara menggunakan program jaws yang baik. Siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan shortcut yang memudahkan dalam menggunakan program jaws.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas, sebagai subjek peneliti yaitu satu orang anak tunanetra kelas IX. Peneliti bertindak sebagai pemberi tindakan, sedangkan guru sebagai pengamat. Dalam penelitian ini data yang diperoleh melalui observasi, maupun tes perbuatan dan kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.

Hasil belajar menggunakan program jaws  anak tunanetra kelas IX melalui tutor sebaya mengalami peningkatan, setelah diberikan tindakan hasil belajar FF mengalami peningkatan ada siklus I 65% dan siklus II 90%. Dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan menggunakan program jaws bagi anak tunanetra kelas IX di SLB Wacana Asih Padang.


Keywords


Tunanetra, jaws, tutor sebaya