Problem Based Learning: Strategi Efektif Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa pada Pendidikan Tinggi Vokasi
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) IAIN Kerinci  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v10i1.126917
Full Text: Language : en
Abstract
Kreativitas merupakan kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan bermanfaat. Kreativitas penting untuk dimiliki oleh mahasiswa, karena dapat membantu mereka untuk menyelesaikan masalah, berpikir kritis, dan beradaptasi dengan perubahan. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pembelajaran pada pendidikan tinggi vokasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Desain penelitian yang dilakukan adalah one group pre test-post test design. Penelitian ini diukur dengan menggunakan pre test yang dilakukan sebelum diberi perlakuan dan post test yang dilakukan setelah diberi perlakuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahGuilford's Alternative Uses Test (GAT). Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis menggunakan uji t-test untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah data berdistribusi normal dan homogen. Pada pengujian hipotesis didapatkan hasil thitung = 4,81 dan ttabel = 1,72. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara nilai kreativitas mahasiswa sebelum dan sesudah diterapkan PBL dalam pembelajaran. PBL dapat menjadi pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa pada pendidikan tinggi vokasi.PBL mendorong mahasiswa untuk berpikir kreatif dalam memecahkan masalah.
Keywords
problem based learning, PBL, kreativitas, vokasi
Article Metrics
Abstract Views : 215 timesPDF Downloaded : 87 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.