Profil Entrepreneur di Era Digital dalam Menghadapi Era Society 5.0

Hastuti Hastuti(1), Ganefri Ganefri(2), Asmar Yulastri(3), Ambiyar Ambiyar(4), Doni Tri Putra Yanto(5), Andrian Andrian(6),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(6) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v9i1.121838

Full Text:    Language : en

Abstract


Society 5.0 adalah masa dimana teknologi dan manusia akan selalu berdampingan untuk meningkatkan kualitas taraf hidup secara berkelanjutan. Era society 5.0 berpusat pada manusia (human-centered), dan teknologi digital adalah bagian dari manusia itu sendiri. Manusia yang mampu menciptakan nilai baru dari perkembangan teknologi digital 4.0. Kemajuan teknologi digital diaplikasikan pada entrepreneurship. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dari berbagai sumber ilmiah tentang karakteristik atau profil entrepreneur era digital dalam menghadapi era society 5.0. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif yang dilakukan untuk mengumpulkan data-data dari buku, artikel dan hasil-hasil penelitian terdahulu tentang ekonomi digital dan kreatif serta profil entrepreneur era digital. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa profil entrepreneur era digital yang sukses menghadapi era kebangkitan society 5.0 adalah entrepreneur yang kreatif dan inovatif, berdedikasi, determinan, fleksibel, memiliki jiwa kepemimpinan, serta memiliki passion dalam entrepreneurship.


Keywords


ekonomi digital, ekonomi kreatif, entrepreneurship, profil entrepreneur, society 5.0.

References


U. Akcil and D. Suhanberdyyeva, “Research on university profiles about entrepreneurship and innovation orientation: Case of a developing country,” Front. Psychol., vol. 13, 2022, doi: 10.3389/fpsyg.2022.968996.

W. L. Sahetapy and U. K. Petra, “Peranan Cognitive Flexibility Dalam Profil Entrepreneurship,” pp. 295–311.

M. S. Onalan, K. Ersoy, and R. Magda, “Measurement of entrepreneurial profiles in turkey: A multi-dimensional scale development,” Polish J. Manag. Stud., vol. 22, no. 2, pp. 362–383, 2020, doi: 10.17512/pjms.2020.22.2.24.

S. Haq, N. Jalinus, M. Giatman, and G. Ganefri, “Kewirausahaan Pada Kurikulum Pendidikan Kejuruan,” Cived, vol. 8, no. 2, p. 85, 2021, doi: 10.24036/cived.v8i2.112268.

H. A. Mumtaha and H. A. Khoiri, “Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce),” J. PILAR Teknol. J. Ilm. Ilmu Ilmu Tek., vol. 4, no. 2, pp. 55–60, 2019, doi: 10.33319/piltek.v4i2.39.

E. W. Prastyaningtyas and Z. Arifin, “Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan pada Mahasiswa dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Sebagai Upaya Menghadapi Revolusi 4.0,” Proc. ICECRS, vol. 2, no. 1, pp. 281–285, 2019, doi: 10.21070/picecrs.v2i1.2382.

Y. Puspita, Y. Fitriani, S. Astuti, and S. Novianti, “Selamat Tinggal Revolusi Industri 4.0, Selamat Datang Revolusi Industri 5.0,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. Pgri Palembang, pp. 122–130, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3794/3565

imma R. Aysa, “Tantangan Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia Challenges of Digital Transformation for Indonesia’s Economic Progress,” J. At-Tamwil Kaji. Ekon. Syariah, vol. 3, no. 2, pp. 140–153, 2021.

D. Rusmana, “Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 Pada Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik Smk,” J. Ekon. Pendidik. Dan Kewirausahaan, vol. 8, no. 1, p. 17, 2020, doi: 10.26740/jepk.v8n1.p17-32.

D. Rifai, S. Fitri, and I. N. Ramadhan, “Perkembangan Ekonomi Digital Mengenai Perilaku Pengguna Media Sosial Dalam Melakukan Transaksi,” ADI Bisnis Digit. Interdisiplin J., vol. 3, no. 1, pp. 49–52, 2022, doi: 10.34306/abdi.v3i1.752.

I. R. Aysa, “Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Digital,” J. At-Tamwil Kaji. Ekon. Syariah, vol. 2, no. 2, pp. 121–138, 2020, doi: 10.33367/at.v2i2.1337.

Y. J. Hsieh and Y. J. Wu, “Entrepreneurship through the platform strategy in the digital era: Insights and research opportunities,” Comput. Human Behav., vol. 95, pp. 315–323, 2019, doi: 10.1016/j.chb.2018.03.033.

E. V. Rybakova and M. A. Nazarov, “Entrepreneurship in Digital Era: Prospects and Features of Development,” Lect. Notes Networks Syst., vol. 133, pp. 105–112, 2021, doi: 10.1007/978-3-030-47458-4_13.

A. Tanjung and G. Ganefri, “Perkembangan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Universitas Lancang Kuning Pekanbaru Berbasis Teknologi,” JAS-PT (Jurnal Anal. Sist. Pendidik. Tinggi Indones., vol. 4, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.36339/jaspt.v4i1.281.

V. K.A. and N. Pushkala, “Digital Entrepreneurship : the Technology Deployment in Internationalization Speed in the Digital Entrepreneurship Era Ijrtbt Digital Entrepreneurship : the Technology Deployment in Internationalization Speed in the Digital Entrepreneurship Era and Opport,” International Journal on Recent Trends in Business and Tourism, vol. 2, no. 4. pp. 39–42, 2018.

A. Manap, Manajemen Kewirausahaan (Era Digital). 2020.

A. Ambarwati and I. S. Sobari, “Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi ahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan,” J. Komunitas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 140–144, 2020, doi: 10.31334/jks.v2i2.736.

V. Anggresta, S. Maya, and D. Septariani, “Pengaruh Literasi Digital Dan Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha,” Res. Dev. J. Educ., vol. 8, no. 1, p. 153, 2022, doi: 10.30998/rdje.v8i1.12090.

M. Hafidurrahman, “Pembelajaran Bisinis Online Berbasis Android dalam Mengembangkan Sense Entrepreneurship Siswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” Fikrotuna, vol. 11, no. 01, 2020, doi: 10.32806/jf.v11i01.3943.

P. Perdana and A. F. Utami, “Studi Komparatif Ekonomi Kreatif Di Dunia (Komparasi antara Cool Wave (Jepang), Korean Wave ‘Hallyu’ (Korea Selatan), dan Creative Europe (Uni Eropa)),” Ar Rehla J. Islam. Tour. Halal Food, Islam. Travel. Creat. Econ., vol. 2, no. 1, pp. 2776–7434, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/arrehla/index

A. Garnida, “Analisis spirit entreprenur bisnis coffee to go dalam membidik kaum millenial di indonesia,” J. Sekr. dan Adm. Bisnis, vol. V, no. 1, pp. 86–92, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.asmtb.ac.id/index.php/jsab/article/view/235

A. Dwiastanti and G. Mustapa, “Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Lingkungan Eksternal dan Strategi Bertahan Umkm dalam Menjaga Keberlangsungan Usaha di Musim Pandemi Covid 19,” Business and Accounting Education Journal, vol. 1, no. 3. pp. 228–240, 2020. doi: 10.15294/baej.v1i3.42740.

K. Kasidi, “Tantangan Kewirausahaan di Era Ekonomi Digital,” J. Econ. Educ. Entrep., vol. 1, no. 1, p. 17, 2020, doi: 10.31331/jeee.v1i1.1223.

A. L. Munirudin, E. Jumiaty, and N. Machmudin, “Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Keripik Di Kota Tarakan,” J-PEN Borneo J. Ilmu Pertan., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2020, doi: 10.35334/jpen.v2i2.1513.

E. Suswanti, Suprayitno, and M. Hatta, Kepemimpinan Entrepreneur bagi Keberhasilan Organisasi: Pendekatan Riset. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2021.

M. Lex, M. M. Gielnik, M. Spitzmuller, G. H. Jacob, and M. Frese, “How Passion in Entrepreneurship Develops Over Time: A Self-Regulation Perspective,” Entrep. Theory Pract., vol. 46, no. 4, pp. 985–1018, 2022, doi: 10.1177/1042258720929894.


Article Metrics

 Abstract Views : 1553 times
 PDF Downloaded : 402 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.