Pembuatan Trainer dan Pelatihan Keterampilan Programable Logic Controller bagi Guru-Guru Jurusan Listrik

Aswardi Aswardi(1), Taali Taali(2), Syaiful Islami(3), Doni Tri Putra Yanto(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.120699

Full Text:    Language : en

Abstract


Kompetensi profesional guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pelaksanaan proses pembelajaran. Oleh karena itu, harus selalu ditingkatkan agar dapat menciptakan proses pembelajaran yang baik bagi peserta didik. Penelitian ini membahas tentang peningkatan kompetensi profesional guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang Ketenagalistrikan melalui pelaksanaan program pelatihan keterampilan Programable Logic Control (PLC), program pelatihan dirancang dalam dua metode yaitu metode teori dan praktik. Subjek penelitian ini adalah 20 orang guru bidang ketenagalistrikan SMK Negeri 2 Sijunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi guru dalam bidang otomasi industri khusunya PLC setelah mengikuti kegiatan program pelatihan keterampilan PLC. Peningkatan ini diindikasikan dengan hasil Pascates peserta yang rata-rata mengalami peningkatan pada tingkatan yang tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa program pelatihan keterampilan PLC bagi guru SMK Negeri 2 Sijunjung dapat meningkatkan kompetensi profesional guru dalam bidang otomasi industri sesuai dengan tuntutan perkembangan revolusi industri 4.0.


Keywords


Trainer, Keterampilan, Guru, PLC

References


Sukardi, S. Islami, and Hambali, “Penyuluhan dan Pelatihan Instalasi Listrik Rumah Tangga bagi Masyarakat di Nagari Baruah Gunuang Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota,” Suluah Bendang J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 22, no. 1, pp. 41–46, 2022.

F. Eliza, Hastuti, D. E. Myori, and D. T. P. Yanto, “Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan melalui Pelatihan Software Engineering,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. V, no. 1, pp. 37–45, 2019.

T. Taali, A. Mawardi, and D. T. P. Yanto, “Pelatihan PLC dan Elektropneumatik untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SMK Bidang Ketenagalistrikan :,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 5, no. 2, pp. 88–95, 2019.

H. Biemans, M. Mulder, and R. Wesselink, “Competence-based VET in the Netherlands :,” J. Vocat. Educ. Train., vol. 56, no. 4, pp. 523–538, 2004.

D. T. P. Yanto, S. Sukardi, and D. Puyada, “Effectiveness of Interactive Instructional Media on Electrical Circuits Course : The Effects on Students Cognitive Abilities,” Proc. 4rd Int. Conf. Tech. Vocat. Educ. Train., vol. 2017, pp. 75–80, 2017.

S. Sukardi, D. Puyada, R. E. Wulansari, and D. T. P. Yanto, “The Validity of interactive Instructional Media on Electrical Circuits at Vocational High School and Technology,” 2nd INCOTEPD, vol. 2017, pp. 21–22, 2017.

S. K. Babu, S. Krishna, R. Unnikrishnan, and R. R. Bhavani, “Virtual Reality Learning Environments For Vocational Education : A Comparison Study With Conventional Instructional Media On Knowledge Retention,” 2018 IEEE 18th Int. Conf. Adv. Learn. Technol., pp. 385–389, 2018, doi: 10.1109/ICALT.2018.00094.

M. Mulder, T. Weigel, and K. Collins, “The concept of competence in the development of vocational education and training in selected EU member states: A critical analysis,” J. Vocat. Educ. Train., vol. 59, no. 1, pp. 67–88, 2007, doi: 10.1080/13636820601145630.

S. J. Choi, J. C. Jeong, and S. N. Kim, “Impact of vocational education and training on adult skills and employment: An applied multilevel analysis,” Int. J. Educ. Dev., vol. 66, no. March, pp. 129–138, 2019, doi: 10.1016/j.ijedudev.2018.09.007.

D. T. P. Yanto and A. Ahyanuardi, “Pelatihan Reparasi dan Perawatan Peralatan Elektronik Rumah Tangga untuk Meningkatkan Lifeskill Masyarakat di Kenagarian Kapau Alam Pauh Duo,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 5, no. 2, pp. 59–66, 2019.

O. Candra, N. Faradina, S. Islami, D. T. P. Yanto, and C. Dewi, “Peningkatan Kompetensi Bidang Instalasi Listrik Domestik bagi Pemuda Panti Sosial Asuhan Anak Binaan Remaja ( PSAABR ) Budi Utama Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 5, no. 2, pp. 22–27, 2019.

C. L. Sianturi, “Asesmen Kebutuhan Pengembangan Profesionalisme Guru SMK,” J. Pendidik. Hum., 2013.

T. Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana, 2009.

O. Candra and D. T. P. Yanto, “The Active Learning Strategy ‘ Everyone Is A Teacher Here ’ To Improve Studet Learning Outcomes,” J. Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), vol. 4, no. 3, pp. 616–623, 2020.

S. Sudiyono, U. Mudjiono, H. A. Widodo, and B. Antoko, “Pelatihan Perawatan Dan Perbaikan Mesin Pompa Air Sawah Untuk Meningkatkan Produksi Pertanian Di Desa Glagahan Kecamatan Perak Jombang,” J. Cakrawala Marit., vol. 1, no. 2, pp. 29–34, 2018, doi: 10.35991/cakrawalamaritim.v1i2.899.

M. Korber and D. Oesch, “Vocational versus general education: Employment and earnings over the life course in Switzerland,” Adv. Life Course Res., vol. 40, pp. 1–13, 2019, doi: 10.1016/j.alcr.2019.03.003.

N. Pono and M. Lutfi, “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Geometri Dimensi Tiga Di Man Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon,” Eduma Math. Educ. Learn. Teach., 2012, doi: 10.24235/eduma.v1i2.299.

G. Blickle and H. A. Genau, “The two faces of fearless dominance and their relations to vocational success,” J. Res. Pers., vol. 81, pp. 25–37, 2019, doi: 10.1016/j.jrp.2019.05.001.


Article Metrics

 Abstract Views : 139 times
 PDF Downloaded : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.