Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.117118
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk perancangan dan pembuatan bahan ajar pembelajaran berupa E-modul interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Sumatera Barat menggunakan aplikasi Canva. E-modul interaktif ini tersedia dalam bentuk format web (.html) dapat diakses secara online melalui android dan laptop. Jenis penelitian ini memakai metode Richey and Klein yang adalah pengembangan Design and Development (D&D) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Planning (perancangan), Production (memproduksi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Validasi ahli materi I diperoleh nilai persentase 89,3% dan validasi ahli materi II diperoleh persentase 89,3% sehingga dikategorikan “Sangat Valid” untuk digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran. (2) Validasi ahli media I diperoleh hasil persentase 97,3% dan validasi ahli media II diperoleh 88% sehingga dikategorikan “Sangat Valid” untuk digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran.
Keywords
References
F. I. Rahma, “Media Pembelajaran (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar),” J. Stud. Islam, vol. 14, no. 2, pp. 87–99, 2019.
D. Rahmayanti and P. Jaya, “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dasar Listrik dan Elektronika,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 8, no. 4, p. 107, 2020, doi: 10.24036/voteteknika.v8i4.110251.
A. Ramli, R. Rahmatullah, I. Inanna, and T. Dangnga, “Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar,” in Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNM, 2018, pp. 5–7, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/7649/4429.
Sony Junaedi, “Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for,” Bangun Rekaprima, vol. 07, no. 2, pp. 80–89, 2021.
T. I. Nadzifah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII DI MTS WAHID HASYIM 01 DAU MALANG,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020.
E. Sutrisno, “Pengembangan E-Modul Matematika Interaktif Menggunakan Visual Studio,” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019.
M. Miftah, “Fungsi,Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa,” vol. 1, no. 2, p. 100, 2013.
J. Junaidi, “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar,” Diklat Rev. J. Manaj. Pendidik. dan Pelatih., vol. 2, no. 1, pp. 470–477, 2019, doi: 10.35446/diklatreview.v3i1.349.
A. Rohma and U. Sholihah, “Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas,” J. Pendidik. Mat. Univ. Lampung, vol. 9, no. 3, pp. 292–306, 2021, doi: 10.23960/mtk/v9i3.pp292-306.
A. Palamoi, “Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Canva,” https://www.kompasiana.com/, 2021.
K. Puspita*, M. Nazar, L. Hanum, and M. Reza, “Pengembangan E-modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design,” J. IPA Pembelajaran IPA, vol. 5, no. 2, pp. 151–161, 2021, doi: 10.24815/jipi.v5i2.20334.
M. Bustanil, Asrowi, and D. T. Ardianto, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan,” JTP - J. Teknol. Pendidik., vol. 21, no. 2, pp. 119–134, 2019, doi: 10.21009/JTP.V21I2.11568.
F. Wulandari, R. Yogica, and R. Darussyamsu, “Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19,” Khazanah Pendidik., vol. 15, no. 2, pp. 139–144, 2021, doi: 10.30595/jkp.v15i2.10809.
G. P. P. Hapsari and Z. Zulherman, “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.Men,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2384–2394, 2021.
I. Irkhamni, A. Z. Izza, W. T. Salsabila, and N. Hidayah, “Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Belajar Peserta Didik,” in Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, 2021, no. ISBN: 978-602-6779-47-2, pp. 127–134.
I. R. Jasril, “Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar mahasiswa Melalui Lesson Study Matakuliah Dasar Teknik Digital,” vol. 19, no. 2, pp. 93–102, 2019.
M. A. Arif Z and A. Abdillah, “Pengembangan Modul Belajar Mandiri LaTeX Beamer Sebagai Alternatif Media Presentasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika,” JTAM | J. Teor. dan Apl. Mat., vol. 2, no. 2, p. 138, 2018, doi: 10.31764/jtam.v2i2.716.
P. Radyuli, “Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian,” Pendidik. Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 55–65, 2019, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/229587004.pdf.
F. Sulianta, “Menciptakan Produk Pendidikan Menggunakan Metode R&D : Disertai Langkah demi Langkah Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Digital,” p. 255, 2020, [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Menciptakan_Produk_Pendidikan_menggunaka/aND9DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0&kptab=overview.
Sugiyono, Metode Penelitian & Pengembangan: Reseacrh and Development. Bandung: Afabeta, 2017.
Laraswati, “Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pada Materi Jamur Untuk Siswa Kelas X SMA/MA,” Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi, 2020.
L. Aprileny Hutahaean, Siswandari, and Harini, “Pemanfaatan E-Module Iteraktif Sebagai Media Pembelajaran di Era Digital,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Pendidik. Pascasarj. UNIMED, vol. 1, no. 2018, pp. 298–305, 2019, [Online]. Available: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38744.
Article Metrics
Abstract Views : 3371 timesPDF Downloaded : 1206 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.