Validasi Video Praktikum Las SMAW Posisi 1 G pada Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam

Bulkia Rahim(1), M Giatman(2), Nurhasan Syah(3), Cici Andriani(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.116905

Full Text:    Language : en

Abstract


Matakuliah Teknologi Pengelasan Logam merupakan matakuliah paktikum dan salah satu materi adalah Las SMAW Posisi 1. Di dalam pembelajaran mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dan melakukan praktikum Las SMAW Posisi 1 G. Untuk mengatasi permasalahan ini maka dilakukan pengembangan media dalam bentuk Video pembelajaran Las SMAW Posisi 1 G. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat Validasi Video Praktikum Las SMAW Posisi 1 G pada Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam dari segi materi, bahasa dan media. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Model pengembangan Video pembelajaran menggunakan model IDI (Instruksional Development Institute). Jumlah validator untuk uji validasi materi sebanyak 2 orang dosen, Jumlah validator untuk uji validasi media sebanyak 2 orang dosen dan Jumlah validator untuk uji validasi bahasa sebanyak 2 orang dosen. Hasil rata-rata penilaian dari validasi materi adalah 0,86 dalam kategori Valid, Hasil rata-rata penilaian validasi media adalah 0, 88 dalam kategori Valid, dan Rata-rata hasil penilaian validasi bahasa adalah 0,89 dalam kategori Valid. Hasil rata-rata keseluruhan validasi Video Praktikum Las SMAW Posisi 1 G pada Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam adalah 0, 88 dalam kategori Valid.  Dari hasil validasi dapat di simpulkan Video Praktikum Las SMAW Posisi 1 G pada Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam baik digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Validasi, Video, Praktikum, Fabrikasi, Teknologi Pengelasan Logam

References


L. S. Hutapea, “Instrumen PENILaian Pengembangan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Bermuatan Blended Learning Untuk Siswa SMP/MTS,” J. Edukasi Kult. J. Bahasa, Sastra dan Budaya, vol. 7, no. 2, 2020.

Ambiyar, “Kontribusi Kreativitas dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin pada Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok,” pp. 515–524, 2019.

N. Jalinus, “Implementasi Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Produk Kreativitas Kewirausahaan Siswa Kelas Xi SMK Negeri 1 Bukittinggi Implementation Of Project Based Learning Model To Improve Activites , And Learning Out,” vol. 2, no. 2, pp. 48–55, 2020.

A. Yufrizal, “Pengaruh Media Simulator Cnc 2 Axis Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Cnc Dasar Siswa Di Smk Negeri 5 Padang the Influence of the Media Simulator Cnc 2 Axis Against the Results of the Study Eye Basic Cnc Training Students in Smk Negeri 5 Padang,” vol. 1, no. 1, pp. 15–19, 2019.

R. Afandi, “Mempersiapkan Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asea,” 2015.

Muhardi, “Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia,” ejournal Unisba, vol. XX, no. 4, p. 15, 2004.

R. Kusuma, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR pada Mata Pelajaran Chassis di SMK PGRI Tanjung Raja,” Sriwijaya University, 2018.

L. Lisnawati, A. Y. Fiyul, and Yunar, “Manajerial Supervisi Akademik Pengawas, Kepala Dan Guru Sekolah Dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Pedagogik Di Raudhatul Athfal,” J. El-audi, vol. 2, no. 1, pp. 1–19, 2021.

R. Bulkia, Suparno, N. Erizon., and B. Syahri, “Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Matakuliah Teknologi Proses Fabrikasi Development of Cooperative Model of Jigsaw Type Model Learning in,” Vomek, vol. 1, no. 2, pp. 49–54, 2019.

A. F. N. L. Siti Komariyah, “Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika,” JPPGuseda | J. Pendidik. Pengajaran Guru Sekol. Dasar, vol. 3, no. 1, pp. 38–41, 2018, doi: 10.33751/jppguseda.v3i1.2013.

slameto, Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

B. Rahim, S. Suparno, and J. A. Junil Adri, “Validitas Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Teori Teknik Fabrikasi,” J. Pendidik. Teknol. Kejuru., vol. 1, no. 2, pp. 31–38, 2018, doi: 10.24036/jptk.v1i2.1123.

N. Jalinus and D. Ambiyar, Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2016.

M. & Pasaribu and A. Aziz, “Hubungan Motlvasl Belajar Terhadap Hasil Belajar Media Pendidikan Program Studl Pendldlkan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unlversltas Negerl Padang Relationship Of Motivation To Learn Towards The Results Of Learning Media Education Mechanical Englneerlng ED,” vol. 4, no. 2, pp. 50–54, 2022.

Oemar Hamalik, Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti, 1982.

A. Yudianto, “Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran,” Semin. Nas. Pendidik. 2017, pp. 234–237, 2017.

S. & Sanurdi, Syahril, N. Erizon, and R. A. Nabawi, “Media Video Tutorial Pada Pembelajaran Mata Diklat Bubut Untuk Smk,” Vomek, vol. 2, no. 4, pp. 80–87, 2020.

S. Haryoko and H. Nur, “済無No Title No Title No Title,” no. 3, pp. 1–23, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2012.


Article Metrics

 Abstract Views : 378 times
 PDF Downloaded : 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.