Kontribusi Prestasi Belajar, Pengetahuan K3 dan Pengalaman Prakerin Siswa dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK Kelas XII di Lahat

Apriansyah Zulatama(1), Ambiyar Ambiyar(2), Sukardi Sukardi(3), Army Trilidia Devega(4),
(1) Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Ibnu Sina  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v8i1.115785

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: untuk melihat beberapa indikator penting yang bisa melatar belakangi kesiapan siswa untuk memasuki dunia kerja di SMK Negeri 1 Lahat. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto, yaitu disebabkan dalam penelitian tidak dibuat perlakuan atau manipulasi terhadap variabel penelitian.Hasil penelitian ini adalah: Berdasarkan hasil analisis, nilai korelasi antara variabel prestasi belajar dengan kesiapan kerja adalah 0,406, nilai korelasi antara variabel pengetahuan K3 dengan kesiapan kerja adalah 0,321, nilai korelasi antara variabel pengalaman prakerin dengan kesiapan kerja adalah 0,251. Hasil analisis besarnya pengaruh atau kontribusi prestasi belajar, pengetahuan K3 dan pengalaman prakerin secara bersama terhadap kesiapan kerja adalah 21,5%.

Keywords


learning achievement, safety knowledge, work experience & Working readiness

References


Deni Darmawan, “Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Vokasi Di Era Revolusi Industri 4.0”, Proceeding Seminar Nasional Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Program Vokasi untuk Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri, vol.1, No.1, 2021

A. Mukhlason, T. Winanti dan E. Yundra, “Analisa Indikator Smk Penyumbang Pengangguran Di Provinsi Jawa Timur”, Journal of Vocational and Technical Education, Volume 02, Nomor 02, September 2020: 29–36

Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, No: 4678/D/KEP/MK/2016, 2016.

Nugroho Wibowo, “Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Tuntutan Dunia Industri”, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 23, Nomor 1, Mei 2016.

Putra dan R. W. Kusuma, “Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keterserapan Lulusan SMK PGRI 3 Malang Bidang Keahlian Teknik Pembangkit Listrik Pada Industri Pembangkit Tenaga Listrik”, Thesis Diploma Universitas Negeri Malang, 2016.

J. Herbert, W. S. Kuswana dan S. H. Untung, “Persepsi Siswa Jurusan TKR Terhadap Standar Kesehatan Dan Keselamatan Kerja”, Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 2, No. 1, Juni 2015.

S. Solahudin, Mardji, dan A. Martiningsih, “Pengaruh Sikap dan Penguasaan Siswa tentang Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Di Bengkel Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Rejotangan”, Jurnal Teknik Mesin, Vol 24, No 1, 2016.

M. Fatkhurrokhman, “Strategi Belajar Siswa pada Kegiatan Praktik Kerja Industri dalam Memperoleh Kompetensi”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro FKIP Universitas Ageng Tirtayasa, Vol 1, No 1, 2016.

ZE. F. F. Putra, Ridwan dan I. Kusumaningrum, “Evaluasi Program Praktik Kerja Industrijurusan Teknik Komputer Jaringansmk Muhammadiyah 1 Padang”, Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional, Vol 2, Nomor 1, Juni 2016.

Meier dan Atkins, “Functional Restoration of Adults and Children with Upper Extremity Amputation”, New York: Demos Medical Publishing. Inc, 2004.

S. B. Djaramah,”Psikologi Belajar”, Jakarta : Rineka Cipta, 2002.

Slameto, “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya”, Jakarta : Bina Aksara. 2010.

R. Suardi, “Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja”, Jakarta : PPM. 2002

Daryanto, “Keselamatan Kerja Peralatan Bengkel dan Perawatan Mesin”. Bandung: Alfabeta, 2010

Purwati, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing disertai diskusi dalam Pembelajaran Fisika’, Skripsi. Program studi fisika. FKIP Universitas Jember. 2002.

Daryanto, “Keselamatan Kerja Peralatan Bengkel dan Perawatan Mesin”. Bandung: Alfabeta. 2010

Sukardi, “Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya”, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta, 2010.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: Alfabeta, 2010.


Article Metrics

 Abstract Views : 581 times
 PDF Downloaded : 268 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.