Efektivitas Job sheet Instalasi Tenaga Listrik Menggunakan Electrical Control Techniques Simulator (EKTS) pada Masa Pandemi Covid-19

Syaiful Islami(1), Ambiyar Ambiyar(2), Fahmi Rizal(3), Sukardi Sukardi(4), Yose Indarta(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.115728

Full Text:    Language : en

Abstract


Permasalahan yang ada dalam pembelajaran praktikum tatap muka yang masih dibatasi karena pandemic COVID-19. Oleh karena itu dibutuhkan job sheet menggunakan simulator untuk melaksanakan praktikum yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektifitasjob sheet instalasi tenaga listrikmenggunakan Electrical Control Techniques Simulator (EKTS) pada masa pandemic Covid-19 supaya fungsi job sheet sebagai panduan dalam praktik dapat maksimal. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasi experiment untuk melihat akibat dari suatu perlakuan. Desain penelitian menggunakan one group pretest-postest. Pretest diberikan pada awal perkuliahan dan Postest diberikan diakhir perkuliahan. Hasil analisis menunjukkan tingkat pencapaian yang diperoleh yaitu 82% pada kategori sangat efektif. Hal ini berarti penggunaan job sheet instalasi tenaga listrikmenggunakan Electrical Control Techniques Simulator (EKTS) sudah efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

References


Tim Kurikulum UNP, “Sistem Informasi Kurikulum Universitas Negeri Padang,” 2020. http://kurikulum.unp.ac.id/index.php/root/kurikulum/5 (accessed Jan. 08, 2020).

M. A. Abdillah, “Kelengkapan Jobsheet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Pada Siswa,” J. gardan, vol. 3, no. 1, 2013.

R. Mufaidah and Munoto, “Pengembangan Buku Ajar Siswa Berbasis Inquiry Learning Berbantuan Software EKTS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TITL pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMKN 2 Lamongan,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 9, no. 2, pp. 273–278, 2020.

N. S. Hanum, “Keefektifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 3, no. 1, 2013.

P. L. Devi, M. B. R. Wijaya, and Suwahyo, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Jobsheet berbasis Performance Assessment untuk Meningkatkan Kompetensi Conventional Engine Tune Up,” Sainteknol, vol. 15, no. 1, pp. 95–100, 2017.

C. N. Anshar, “Pengembangan Jobsheet Berbasis Produk Pada Mata Diklat Praktek Rangkaian Elektronika Program Studi Teknik Elektro Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang,” Universitas Negeri Padang, 2015.

Adwar, “Pengaruh Pengembangan Jobsheet Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Diklat Praktik Las Dasar Di SMK,” Program Pascasarjana UNY Yogyakarta, 2012.

F. Nopitasari and W. Purnama, “Penggunaan Jobsheet Interaktif dalam Praktikum Analisis Rangkaian Listrik dan Elektronika,” INVOTEC, vol. VIII, no. 2, pp. 137–146, 2012.

M. F. Noktaviyanda and W. Aryadi, “Peningkatan Hasil Belajar melalui Penerapan Media Pembelajaran Jobsheet pada Panel Peraga Sistem Kelistrikan Otomotif,” J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 2, no. 2, pp. 3–6, 2011.

Suyono, “Bahan Ajar dan Pengembangan Bahan Ajar. Media pembelajaran list,” 2019. http://meetabied.woordpress.com.

D. W. Pratama, D. Widjanarko, and Wahyudi, “Pengembangan Jobsheet Praktikum untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Perbaikan Sistem Continously Variable Transmission (CVT) Sepeda Motor,” Automot. Sci. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 1–5, 2014.

F. Eliza and D. E. Myori, “Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Diklat Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana,” INVOTEK, vol. 17, no. 1, pp. 1–10, 2017.

M. Ilmi and T. Rijanto, “Pengembangan Experiment Sheet Praktikum Instalasi Penerangan 3 Fasa Menggunakan Software EKTS Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMKN 3 Jombang,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 9, no. 1, pp. 41–48, 2020.

R. R. Saputro and S. I. Haryudo, “Perbandingan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Sofare Elektrikal Control Techniques Simulations dengan Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mapel Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 1 Kediri,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 6, no. 1, pp. 13–19, 2017.

S. Islami, D. Tri, P. Yanto, and O. Candra, “Validitas Jobsheet Instalasi Perumahan Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning di Pendidikan Vokasi,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 174–178, 2020.

Mochammad Imam Dzikyan Sofyan, “Pengaruh Implementasi Sofware Electrical Control Techniques Simulator dalam Praktikum Sistem Kontrol Instalasi Motor Listrik Tiga Fasa terhadap Hasil Belajar Siswa,” Universitas Pendidikan Indonesia, 2015.

A. Yulastri, H. Hidayat, Ganefri, S. Islami, and F. Edya, “Developing an Entrepreneurship Module by Using Product-Based Learning Approach in Vocational Education,” Int. J. Environ. Sci. Educ., vol. 12, no. 5, pp. 1097–1109, 2017.


Article Metrics

 Abstract Views : 498 times
 PDF Downloaded : 176 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.