Perancangan Alat Peraga Tornis CL Untuk Menentukan Nilai Resistor

Hari Anna Lastya(1), Sadrina Sadrina(2), Chairunnisah Chairunnisah(3),
(1) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry  Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry  Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v7i2.112203

Full Text:    Language : id

Abstract


Alat peraga adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien. Perancangan dan pengembangan produk ini dilakukan peneliti untuk menciptakan suatu media pembelajaran terbaru yaitu alat peraga Tornis CL penentuan nilai resistor. Alat peraga ini berfungsi untuk mempermudah dalam pembacaan nilai gelang warna secara manual. Produk ini adalah produk terbaru yang dirancang dan diciptakan oleh peneliti yang berbeda dengan produk serupa lainnya. Media pembelajaran alat peraga Tornis CL sebagai penentuan nilai resistor ini layak digunakan berdasarkan hasil validasi dari ahli materi/konten, ahli media dan ahli desain, serta dilakukan revisi sesuai dengan saran/rekomendasi dari para ahli. Hasil validasi ahli materi/konten  dinyatakan sangat valid dengan jumlah skor sebesar 47 dari nilai maksimum 50 dengan persentase 94% dan  rerata skor sebesar 4,70 dengan kategori “Sangat Valid”. Serta  hasil validasi ahli media  dinyatakan sangat valid dengan jumlah skor sebesar 44 dengan persentase 88% dan  rerata skor sebesar 4,40 dengan kategori “Sangat Valid”. Dan hasil validasi ahli desain  dinyatakan valid jumlah skor sebesar 44 dengan persentase 73,33% dan  rerata skor sebesar 3,67 dengan kategori “Valid”.


Keywords


Perancangan, alat peraga, tornis CL, Nilai, Resistor

References


Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo persada, hal 3,2003.

Harjanto. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, hal 56, 2002.

Husnul Inayah Saleh, Nurhayati B, Oslan Jumadi.” Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba” Jurnal Sainsmat, Vol. IV No.1, hal 7-13, 2015,available at https://ojs.unm.ac.id/jsainsmat/article/view/1280/372

Adha, Siti dkk.2014.” Penggunaan Garis Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas V SD Inpres 3 Bersusu”.Elemetary School of Education E- Journal, Volume 2 No.1, hal 18-22, 2014, available at file:///C:/Users/ADMINI~1/AppData/Local/Temp/2788-8439-1-PB.pdf

Nana Sudjana.2014. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensido, hal, 2014.

Eni Yulianti, Zulkardi, Rusdy A Siroj “Pengembangan Alat Peraga Menggunakan Rangkaian Listrik Seri-Paralel Untuk Mengajarkan Logika Matematika Di SMK Negeri 2 Palembang”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 4, No 1, hal 25-32, 2010, available at https://repository.unsri.ac.id/6332/ .

Ahmad Solihun, Arif Maftukhin, Eko Setyadi Kurniawan. “Pengembangan Alat Peraga GLB dan GLBB Berbasis Sensor LDR ( Light Dependent Resistor)”. Jurnal Radiasi, Vol 6 No.1, hal 101-104, 2015, available at http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/286/176 .

Syifaul Fuada. ” Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal Osilator untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri”, Prosiding Seminar Pendidikan FKIP Universitas Dipenogoro, hal 854-861, November 2015, available at http://seminar.umpo.ac.id/index.php/semnasdik2015/article/view/308/308 .

Arum Permatasari, Yuberti, Welly Anggarini. “Pengembangan lampu sensor berbasis Arduino Uno sebagai alat peraga Fisika”, Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, Vol 02, No.3, hal 380-387, 2019, available at http://103.88.229.8/index.php/IJSME/article/view/4364/2819 .

Riduwan. Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta, hal 50, 2006.

Nana Syaodih Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, hal 218, 2013.

Zainal Arifin Penelitian Pendidikan Metode dan Pardigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, hal 245, 2012.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rhineka Cipta, hal 121, 2002.

S.Eko Putro Widoyoko.Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar, hal 238, 2009.


Article Metrics

 Abstract Views : 501 times
 PDF Downloaded : 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.