Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram yang valid dan praktis untuk digunakan oleh peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop) dan tahap penyebaran (Disseminate). Subek penelitian ini adalah modul pembelajaran berbasis masalah, sedangkan guru mata pelajaran sistem kontrol terprogram sebagai responden untuk memberikan penilaian terhadap praktikaliatas modul pembelajaran. Data diambil menggunakan lembar atau angket untuk validasi dan praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata validitas dengan kategori valid. Responden guru terhadap kepraktisan modul pembelajaran dengan kategori sangat praktis. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran operasi dasar PLC berbasis masalah dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam proses belajar mengajar untuk mata pelajaran sistem kontrol terprogram.


Keywords


Problem Based Learning Modules, Programmable Logic Controller