Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurang efektifnya media yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran PDE. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Dessiminate). Subjek penelitian ini adalah media interaktif Microsoft Power Point pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik, yang dikembangkan pada kompetensi dasar mendeskripsikan penggunaan peralatan tangan (hand tools). Berdasarkan  hasil  penelitian  diperoleh  data  validitas  dari  tim  validator yaitu validator 1 sebesar 95.31% dan validator 2 sebesar 89.06% dengan kategori secara keseluruhan valid. Hasil praktikalitas guru diperoleh sebesar 95.83% dan siswa sebesar 94%. Hasil efektivitas 88%. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan media interaktif dalam pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik yang valid, praktis dan efektif.


Keywords


Interactive Media, Microsoft Power Point, Electromechanical Basic Work