Pengembangan Buku Elektronik Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Untuk Siswa SMK

Noer Fajri(1), Usmeldi Usmeldi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.109019

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku elektronik interaktif pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika yang valid dan praktis untuk meningkatkan kompetensi siswa di SMK. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah berupa buku elektronik interaktif pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika menggunakan software Android yang dikembangkan terbatas pada kompetensi dasar menganalisis daya dan energi listrik. Responden penelitian ini adalah dua orang dosen jurusan Teknik Elektro FT-UNP, dan siswa kelas X TITL SMK. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar angket validasi yang diberikan kepada dua dosen sebagai validator. Angket praktikalitas diberikan kepada siswa kelas X TITL SMK sebagai pengguna buku elektronik interaktif dasar listrik dan elektronika. Berdasarkan hasil validasi dari validator, buku elektronik interaktif yang dikembangkan di dapat hasil dengan kategori valid. Hasil praktikalitas buku elektronik interaktif dari 35 siswa di dapat dengan kategori sangat praktis. Demikian penelitian ini telah menghasilkan buku elektronik interaktif pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika yang valid, dan praktis untuk siswa SMK.


Keywords


Buku Elektronik Interaktif, Dasar Listrik dan Elektronika

References


Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pratama, D.A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran E-book pada Mata Kuliah Elektronika Digital di Jurusan Teknik Elektro UNESA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 2(1), 327-332.

Ohene-Djan, James. (2003). Personalising Electronic Books, (Journal of Digital

Information, 3(4).

Eskawati, S.Y dan Sanjaya, I.G.M (2012). Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Sifat Koligatif sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XII IPA.

Jurnal Pendidikan Kimia. 1(2), 45-53.

Al Ikhsan, S.H. (2009). Perancangan Prototipe E-Book Reader menggunakan Usability Engineering. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Satyaputra, Alfa dan Eva Maulina Aritonang. (2014). Beginning Android

Programming with ADT Bundle: Panduan Lengkap untuk Pemula Menjadi Android Programmer. Jakarta: Elex Media Computindo.

Zuliana dan Irwan Padli. (2013). Aplikasi Pusat Panggilan Tindakan Kriminal di Kota Medan Berbasis Android. Jurnal Seminar Nasional Informatika. IAIN Sumatera Utara Medan (Hal. 2-4).

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inofatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Azwar, Saifuddin. (2015). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marselina, V. (2019). Pengembangan Buku Digital Interaktif Matematika pada Materi Geometri. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 6(2), 196-207.

D. T. P. Yanto, “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 19, no. 1, pp. 75–82, 2019.

S. Sukardi, D. Puyada, R. E. Wulansari, and D. T. P. Yanto, “The validity of interactive instructional media on electrical circuits at vocational high school and technology,” 2nd INCOTEPD, vol. 2017, pp. 21–22, 2017.

Jazuli, M. dkk. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android sebagai Media Interaktif. Jurnal Pendidikan Ipa. 7(2), 47-65.

Sukardi. (2012). Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara.

Arif, Abdul (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X TITL di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional. 6(1), 114-119.

Hidayat, Ahmad dkk. (2017). Pengembangan Buku Elektronik Interaktif pada Materi Fisika Kuantum Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. V(2), 87-101.

Mahadiraja, D. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik T.P 2019/2020 di SMK Negeri 1 Pariaman. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional. 6(1), 77-82.


Article Metrics

 Abstract Views : 1594 times
 PDF Downloaded : 655 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.