Abstract


Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media Electronik Workbench Simulator terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar istrik dan Elektronika menggunkakan hasil pengukuran kelas X TITL di SMK N 5 Padang. Latar belakang penelitian ini adalah kurang keterampilan siswa merangkai rangkaian listrik, kurangnya media pembelajaran berupa simulasi, permasalahan imi membuat nilai yang dicapai siswa masih dibawah KKM, sehingga membuat perlu diterapkan media pembelajaran berupa simulasi untuk meninggkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu penuis menerpakan media pembelajaran Electronics Workbench Simulator pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jenis penelitian ini adalah Pre- Expremental dengan desain penelitian One- Grup Pretest- Postetst. Subjek penelitian adalah kelas X TITL SMK N 5 Padang. Data yang diperoleh dari analisis dengan menggunakan Gain Score. Dari hasil peneltian diperoleh nilai rata- rata Pretest siswa adalah 64,78 dan rata-rata nilai Posttest adalah 87,5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 0,5 kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan media pembelajaran Electronics Workbench Simulator dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika ni SMK N 5 .Padang.

Keywords


Electronic Workbench Simulator, Learning Outcomes and Electrical and Electronic Basic