Rancang Bangun Inverter Satu Fasa Dengan Dengan Modulasi Lebar Pulsa PWM Menggunakan Antarmuka Komputer

David Nugraha(1), Krismadinata Krismadinata(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.108035

Full Text:    Language : en

Abstract


Energi alternatif yang berkembang pada saat ini dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari hari. Untuk memanfaatkan energi tersebut kita menggunakan sebuah Inverter. Inverter sendiri dapat merubah tegangan DC menjadi  AC. Dalam artikel ini penulis membuat Inverter bertujuan untuk memanfaatkan sumber tegangan DC untuk menggerakan motor induksi satu fasa. Inveter yang penulis buat menggunakan H-Bridge Mosfet yang dihubungkan dengan Gate Drive sebagai pengaman antara rangkaian kontrol dan rangkaian daya. Metoda yang penulis gunakan dalam artikel ini menggunakan metoda SPWM dengan mengatur lebar pulsanya. SPWM adalah bentuk gelombang keluaran dari Inverter tersebut membentuk gelombang sinus. Visual Basic digunakan sebagai antarmuka dalam penelitian ini. Inverter yang dibuat dapat merubah tegangan DC menjadi AC yang dapat digunakan sebagai supply tegangan untuk berbagai beban AC.

Keywords


Inverter, Gate Drive, SPWM, Visual Basic

References


Aliyan, Lalu Riza, dkk. (2014). “Desain Inverter Tiga Fasa dengan Minimum Total Harmonic Distortion Menggunakan Metode SPWM”

Sianturi, George PM dan Krismadinata. “RANCANG BANGUN INVERTER SATU FASA MENGGUNAKAN METODA SPWM (Sinusoidal Pulse Witdh Modulation)”.Padang: Universitas Negeri Padang.

Tauhid, Barqie. (2017). “Perancangan Inverter Satu Fasa PWM dengan Teknik Eliminasi Harmonisa”. Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak.

Pangabean Subastian Yusuf. (2017). “Rancang Bangun Inverter Satu Fasa Menggunakan Teknik High Voltage Pwm (Pulse Width Modulation)”. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Andriyanto, Heri dan Aan, Darmawan. (2016). “Arduino Belajar Cepat dan Pemrograman”. Bandung: Informatika Bandung.

Asnil. 2009. Harmonik Pada Inverter. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. Vol. 10, No.2

Harahap Partaonan. (2018). “Harmonisa Pada Rangkaian Inverter Satu Fasa”. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Desiwantiyani, Novita dan Firmansyah Nur Budiman. “Rancang Bangun Inverter SPWM”. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Rashid, Muhammad. (2017). “Power Electronics Handboock ”. Florida: Butterworth Heineman

Rashid, Muhammad. (2001). Power Electronics Handbook. USA: ACademic Press

Hidayat, Fitrah dan Krismadinata. (2019). “Rancang Bangun VVVF Inferter 3 Fasa Untuk Operasi Motor Induksi Tiga Fasa Dengan Antarmuka Komputer”. Padang: Universitas Negeri Padang.

Saputra Ardyan, Rofiq Ainur, Dkk. “Rancang Bangun Inverter Satu Phase Sebagai Penggerak Motor Induksi Satu Phase”. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sidik, Fajar Yohana, Dkk. (2013). “Sinusoidal Pulse Width Modulation Berbasis Lookup Table Untuk Inverter Satu Fase Menggunakan 16-Bit Digital Signal Controller”

Vishay. (2017). IRFP460, SiHFP460 Datasheet dalam http://www.vishay.com/docs/91237/91237.pdf. Diunduh pada 27 Desember 2018.

W. Hart, D. “Power Electronic”. McGraw-Hill Companies, New York, 2011.


Article Metrics

 Abstract Views : 3552 times
 PDF Downloaded : 1388 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.