Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 1 Padang

Abdul Arif(1), Riki Mukhaiyar(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107717

Full Text:    Language : Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif  yang valid dan praktis pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X TITL di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan  model pengembangan 4D. Multimedia interaktif yang dikembangkan divalidasi oleh 3 orang validator. Multimedia interaktif diuji cobakan secara terbatas pada kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Berdasarkan hasil penelitian, pengujian validitas multimedia interaktif diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,85% dengan kategori valid. Hasil uji pratikalitas guru diperoleh sebesar 91,6% dengan kategori multimedia yaitu sangat praktis dan hasil uji pratikalitas oleh siswa sebesar 81,1% dengan kategori multimedia praktis. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan multimedia interaktif yang valid dan praktis pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika pada Kompetensi Dasar menganalisis sifat elemen aktif dan pasif pada rangkaian listrik arus searah kelas X TITL di SMK Muhammadiyah 1 Padang.


Keywords


Interactive multimedia for Electrical and Electronic, Adobe Flash CS6, Valid and practical.

References


Mukhaiyar, R., 2016, Studi Kajian Pengreorganisasian Kurikulum Prodi-Prodi di Jurusan Teknik Elektro UNP Sebagai Acuan Kebijakan bagi Universitas LPTK Lainnya., KONASPI VIII, 97-102.

Mukhaiyar, R., Myori, DE., Utari, N., 2019, Reorganizing the Curriculum of the Study Programs of the Electrical Engineering Fields in Universitas Negeri Padang as Its Eminet Policy, Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012043.

Muliyana, M., Habibullah, H., &Myori, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2),113-118.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Darmawan, Deni(2012). Inovasi Pendidikan :Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online.Bandung: Remaja Rosda karya.

Mukhaiyar., Utari, Sylvia., Mukhaiyar, R., 2016, English as a Second Language for an International Nursery Student in United Kingdom. In The 4th UPI International Conference on Technical and Vocational Education, 107-114.

Saifuddin Azwar. 2014. Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Murni Astuti. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Mata Kuliah Dasar Tata Rias Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Teknik UNP.” Tesis. Padang : UNP

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan:Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara

Mukhaiyar, R., Muskhir, M., Dolly, VP., 2019. Curriculum Evaluation based on AUN-QA Criterion for the Case Study of the Electrical Engineering Vocational and Educational (EEVE) Study Program. Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012039.

Romadhan, A., & Rusimamto, P. W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2).

Mukhaiyar, R., Irfan, D., Frismelly, A., Utari, N., 2019, Enrichment in the Electrical Engineering Vocational and Education (EEVE) Study Program by Augmenting the Image Processing Study Course, Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012013.

NurArif, M. (2016). Pengembangan game edukasi interaktif pada mata pelajaran komposisi foto digital kelas XI di SMK negeri 1 Surabaya. IT-EDU, 1(02).


Article Metrics

 Abstract Views : 2270 times
 PDF Downloaded : 1343 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.