The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Pencapaian kompetensi siswa dalam mata pelajaran Fisika di kelas XI IA  SMA N 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Penyebabnya adalah proses penilaian belum sesuai dengan standar penilaian. Oleh karena itu, permasaalahan ini diatasi dengan memberikan assessment essay dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei dan Juni 2011 di SMA N 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IA  sebanyak 4 kelas, dan sampel adalah kelas XI IA 2 dan XI IA 3. Kelas eksperimen adalah kelas XI IA.2 dan kelas kontrol adalah kelas XI IA.3. Data penelitian ini adalah pencapaian kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor siswa. Data pencapaian kompetensi kognitif dikumpulkan melalui ulangan harian dengan soal berbentuk tes essay. Data pencapaian kompetensi afektif dan psikomotor dikumpulkan melalui kusioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t, uji U Mann Whitney, dan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kompetensi kognitif siswa secara rata-rata pada kelas eksperimen adalah 58,67 dan pada kelas kontrol adalah 34,39. Pencapaian kompetensi afektif siswa secara rata-rata pada kelas eksperimen adalah  72,53 dan pada kelas kontrol adalah  74,88. Pencapaian kompetensi psikomotor siswa secara rata-rata pada kelas eksperimen adalah 77,67 dan pada kelas kontrol adalah 75,89. Hasil uji U terhadap pencapaian kompetensi kognitif siswa adalah nilai z = -5,00 dengan  α = 0,05, dan peluang (p) nilai z = - 5,00 adalah < 0,0003 (dari tabel A). Karena nilai p < α maka kesimpulannya adalah  terdapat pengaruh pemberian assessment essay  dalam  pembelajaran Fisika menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri terhadap pencapaian kompetensi kognitif siswa. Hasil uji-t terhadap pencapaian kompetensi afektif siswa adalah thitung (-1,613) < ttabel (2,005). Oleh karena itu, kesimpulannya adalah tidak ada  pengaruh pemberian assessment essay  dalam  pembelajaran Fisika menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri terhadap pencapaian kompetensi afektif siswa. Hasil uji-t terhadap pencapaian kompetensi psikomotor siswa adalah thitung (1,38) < ttabel (1,67). Oleh karena itu kesimpulannya adalah tidak ada pengaruh pemberian assessment essay  dalam  pembelajaran Fisika menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri terhadap pencapaian kompetensi psikomotor  siswa. Hasil uji anova terhadap pencapaian kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor siswa adalah sama dengan hasil uji U dan uji-t di atas.

Kata Kunci: Assessment Essay, Pencapaian Kompetensi, Pendekatan Ekspositori, Pendekatan Inkuiri