PENGARUH PEMBERIAN ASSESSMENT ESSAY TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN EKSPOSITORI DAN INKUIRI DI KELAS XI IA SMA N 1 KECAMATAN SULIKI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
(1)  
(2)  
(3)  
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jppf.v1i1.600
Full Text: Language : en
Abstract
Pencapaian kompetensi siswa dalam mata pelajaran Fisika di kelas XI IA SMA N 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Penyebabnya adalah proses penilaian belum sesuai dengan standar penilaian. Oleh karena itu, permasaalahan ini diatasi dengan memberikan assessment essay dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei dan Juni 2011 di SMA N 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IA sebanyak 4 kelas, dan sampel adalah kelas XI IA 2 dan XI IA 3. Kelas eksperimen adalah kelas XI IA.2 dan kelas kontrol adalah kelas XI IA.3. Data penelitian ini adalah pencapaian kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor siswa. Data pencapaian kompetensi kognitif dikumpulkan melalui ulangan harian dengan soal berbentuk tes essay. Data pencapaian kompetensi afektif dan psikomotor dikumpulkan melalui kusioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t, uji U Mann Whitney, dan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kompetensi kognitif siswa secara rata-rata pada kelas eksperimen adalah 58,67 dan pada kelas kontrol adalah 34,39. Pencapaian kompetensi afektif siswa secara rata-rata pada kelas eksperimen adalah 72,53 dan pada kelas kontrol adalah 74,88. Pencapaian kompetensi psikomotor siswa secara rata-rata pada kelas eksperimen adalah 77,67 dan pada kelas kontrol adalah 75,89. Hasil uji U terhadap pencapaian kompetensi kognitif siswa adalah nilai z = -5,00 dengan α = 0,05, dan peluang (p) nilai z = - 5,00 adalah < 0,0003 (dari tabel A). Karena nilai p < α maka kesimpulannya adalah terdapat pengaruh pemberian assessment essay dalam pembelajaran Fisika menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri terhadap pencapaian kompetensi kognitif siswa. Hasil uji-t terhadap pencapaian kompetensi afektif siswa adalah thitung (-1,613) < ttabel (2,005). Oleh karena itu, kesimpulannya adalah tidak ada pengaruh pemberian assessment essay dalam pembelajaran Fisika menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri terhadap pencapaian kompetensi afektif siswa. Hasil uji-t terhadap pencapaian kompetensi psikomotor siswa adalah thitung (1,38) < ttabel (1,67). Oleh karena itu kesimpulannya adalah tidak ada pengaruh pemberian assessment essay dalam pembelajaran Fisika menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri terhadap pencapaian kompetensi psikomotor siswa. Hasil uji anova terhadap pencapaian kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor siswa adalah sama dengan hasil uji U dan uji-t di atas.
Kata Kunci: Assessment Essay, Pencapaian Kompetensi, Pendekatan Ekspositori, Pendekatan Inkuiri
Article Metrics
Abstract Views : 846 timesPDF Downloaded : 591 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.