Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi persaingan yang semakin ketat antar partai politik, kandidat anggota legislatif, kandidat presiden dan kandidat kepala daerah akibat pemilihan umum secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh political marketing mix terhadap kepuasan konstituen pada partai politik di Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu ekonomi khususnya manajemen pemasaran jasa. Jenis penelitian adalah deskriptif dan verifikatif, metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dan survey eksplanatori. Tipe penyelidikan adalah tipe kausalitas dan cakupan waktu bersifat cross sectional. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah convinience sampling dengan sampel sebanyak 400 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Path Analysis . Unit observasi pada penelitian ini adalah partai politik yang memiliki perwakilan di DPRD tingkat 1 Sumatera Barat dan unit analisisnya adalah konstituen yang memiliki hak suara dan pernah memilih minimal dua kali pemilu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut konstituen partai politik belum melaksanakan kegiatan marketing mix dengan  baik. Konstituen mengatakan mereka kurang puas dengan partai politik. Marketing mix berperan menciptakan kepuasan konstituen pada partai politik. Marketing mix juga berpengaruh siknifikan terhadap kepuasan pada partai politik.