PENGELOLAAN FASILITAS OBJEK WISATA VILLA DANAU KEMBAR

Ali Usman(1), Kasmita Kasmita(2), Heru Pramudia(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : 

Abstract


Penelitian ini diawali dari hasil pengamatan peneliti mengenai pengelolaan fasilitas Objek Wisata Villa Danau Kembar. Fasilitas yang ada belum dikelola dengan baik sehingga tidak bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengelolaan fasilitas Objek Wisata Villa Danau Kembar.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualiatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara, adapun yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah karyawan bagian pengembangan, staf pengelola Objek Wisata Villa Danau Kembar. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa hal yang berkaitan dengan pengelolaan fasiitas Objek Wisata Villa Danau Kembar 1) Perencanaan pengelolaan parkir, toilet, restoran, dan jalan yang ada di sekitar Objek Wisata Villa Danau Kembar, saat ini belum ada perencanaan. Untuk kedepannya baru ada perencanaan pengelolaan fasilitas yang ada. 2) penggorganisasian fasilitas parkir, toilet, restoran dan jalan, hanya dilakukan diwaktu pengunjung ramai datang ke Objek Wisata Villa Danau Kembar. 3) Cara pengelola mengarahkan petugas parkir, toilet, restoran dan jalan yaitu dengan cara melibatkan semua petugas dalam rapat sebelum diadakan suatu acara atau sebelum hari-hari besar datang. 4) Cara pengendalian fasilitas parkir, toilet, restoran dan jalan. Parkir akan dikelola saat pegunjung ramai datang dan disaat hari-hari besar, toilet akan dibuka disaat pengunjung ramai, masyarakat yang mengontrak restoran akan mencari tenaga kerja keluar saat pengunjung ramai, pembersihan jalan akan dilakukan apabila ada instruksi dari Pemda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, saat ini di Objek Wisata Villa Danau Kembar belum ada ada perencanaan untuk mengelola fasilitas yang ada, sehingga fasilitas yang ada tidak biasa dikondisikan sebagaimana mestinya. Semua fasilitas yang ada akan di fungsikan saat pengunjung ramai datang ke Objek Wisata Villa Danau Kembar. Seharusnya dibuat tempat parkir khusus untuk kendaraan tamu baik waktu pengunjung ramai maupun sepi, toilet sebaiknya dibuka setiap hari, restoran sebaiknya dibuka sampai malam hari, dan pembersihan jalan hendaknya dilakukan secara berkala.
Kata Kunci: Pengelolaan, Fasilitas, dan Objek Wisata

Article Metrics

 Abstract Views : 432 times
 PDF Downloaded : 157 times