STRATEGIC PLANNING AKTIVITAS WISATA DI OBJEK WISATA PANORAMA BUKIK SIDUALI KECAMATAN RAMBATAN, KABUPATEN TANAH DATAR

FRISYE ANGGUNI(1), Kasmita Kasmita(2), Pasaribu Pasaribu(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor internal dan faktor eksternal dari Panorama Bukik Siduali dan kemudian menyusun strategic planning aktivitas wisata di Panorama Bukik Siduali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah beberapa informan yang terdiri dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (3 orang), masyarakat di sekitar objek wisata (4 orang), serta pengunjung objek wisata (6 orang) dengan menggunakan teknik snowball sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Strategic planning untuk aktivitas wisata yang akan dikembangkan adalah:
1) Memanfaatkan seluruh fasilitas yang telah ada untuk aktivitas wisata seperti lahan yang subur untuk wisata kunjungan kawasan pertanian, lapangan di puncak bukit untuk aktivitas pesta budaya dan camping, serta pemandangan alam yang indah untuk aktivitas photography. 2) Memberdayakan lembaga-lembaga/komunitas khusus seperti lembaga pembibitan tanaman produktif untuk wisata kawasan pertanian, komunitas photography untuk aktifitas photography, organisasi pencinta alam untuk aktivitas camping, serta sanggar-sanggar seni untuk aktivitas pesta budaya. 3) Memulai kerjasama dengan pemerintah daerah untuk bagian promosi setiap aktivitas wisata yang akan dikembangkan.
4) Memanfaatkan dukungan pemerintah daerah untuk sosialisasi, pembinaan, pengarahan, dan pengawasan aktivitas wisata yang akan dikembangkan.
Kata kunci: Strategic Planning, Aktivitas Wisata

Article Metrics

 Abstract Views : 197 times
 PDF Downloaded : 91 times