MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA KOMPETENSI MENGHIAS TAPLAK MEJA DENGAN SULAMAN PITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SMP N 2 KECAMATAN SULIKI

Yuswarni Yuswarni(1), Wildati Zahri(2), Yasnidawati Yasnidawati(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam menghias taplak meja dengan sulaman pita melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning di SMP N 2 Kecamatan Suliki. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang dilaksanakan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.3 pada kompetensi menghias taplak meja dengan sulaman pita. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan lembar observasi dan hasil evaluasi. Data yang dikumpulkan dianalisa dengan teknik persentase. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 34,4% pada siklus pertama menjadi 81,25% pada siklus kedua. Sementara itu untuk aktivitas belajar siswa didapatkan peningkatan  dari 66% atau kategori kurang aktif pada siklus pertama menjadi 85,75% atau kategori aktif pada siklus kedua.

 

Kata kunci: aktivitas, sulaman pita, contextual teaching and learning.


Article Metrics

 Abstract Views : 222 times
 Untitled Downloaded : 4 times