AN ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF ASSESSMENT TECHNIQUES IN ENGLISH SUBJECT BASED ON KURIKULUM 2013 IN SMPN 1 2X11 KAYUTANAM

Desi Sugiarti(1), Muhammad Zaim(2), Refnaldi Refnaldi(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Journal of English Language Teaching

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v6i1.9662

Full Text:    Language : En

Abstract


Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan penelitian (1) Apa saja teknik penilaian yang digunakan guru Bahasa Inggris di SMPN 1 2X11 Kayutanam berdasarkan kurikulum 2013, dan (2) Bagaimana guru Bahasa Inggris di SMPN 1 2X11 Kayutanam menerapkan teknik penilaian berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui telaah dokumen serta angket guru dan siswa. Data dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis, tes lisan, penugasan, unjuk kerja, proyek dan portofolio. Meskipun seluruh teknik penilaian digunakan oleh guru, akan tetapi tidak semuajenis teknik penilaian yang digunakan. Untuk teknik tes tertulis guru hanya menggunakan jenis soal pilihan, isian ganda dan esai. Untuk penugasan, guru memilih penugasan secara berkelompok. Sementara untuk unjuk kerja, guru sering meminta siswa untuk berbicara daripada menulis, dan (2) Implementasi teknik penilaian berdasarkan angket guru dan siswa masing-masing adalah 80,16% dan 65,94% dengan kategori baik

Keywords


Implementasi, Teknik Penilaian, Bahasa Inggris, Kurikulum 2013

References


BIBLOGRAPHY

Abedi, Jamal. 2010. “Performance Assessment for English Language Learners.” Stanford Center for Opportunity Policy in Education.

Brown, H Douglas. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New Jersey: Pearson Education.

David, Friedman Ben et al. 2001. “Portfolio as a method of student assessment.” AMEE Medical Education Guide, No 24.

Fook, Chan Yuen & Gunam Kaur Sidhu. 2010. “Authentic Assessment and Pedagogical Strategies in Higher Education.” Journal of Social Sciences, Vol. 6, No. 2, pp. 153-161.

Gay, L.R.,Mills, G.E., & Airasian, P.W.2009. Educational research: Competencies for analysis and applications (9th edition). Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.

Hoy, Chery & Noel Gregg. 1994. Assessment: A special educator’s role. California: Wadsworth.

Hughes, Arthur. 2002. Testing for Languge Teachers. Cambridge: Cambridge University Press.

Kemendikbud. 2015. Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendikbud. 2015. Peraturan Pemerintah no 53 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendikbud. 2016.Peraturan Pemerintah No 23 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu pendekatan praktis. Jakarta: Jasa Gafindo Persada.

Mansoor, Inam. 1997. “Project Based Learning and Assessment.” A manual resource for Teacher.O’Malley, J. Michael & Lorraine Valdez Pierce. 1996. Authentic Assessment for English Language Learners: Practical Approaches for Teachers. Mass: Addison-Wesley Publishing Company, Inc.

O’Malley, J. Michael & Lorraine Valdez Pierce. 1996. Authentic Assessment for English Language Learners: Practical Approaches for Teachers. Mass: Addison-Wesley Publishing Company, Inc.


Article Metrics

 Abstract Views : 507 times
 PDF Downloaded : 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Journal of English Language Teaching

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.