Abstract


Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan penelitian (1) Apa saja teknik penilaian yang digunakan guru Bahasa Inggris di SMPN 1 2X11 Kayutanam berdasarkan kurikulum 2013, dan (2) Bagaimana guru Bahasa Inggris di SMPN 1 2X11 Kayutanam menerapkan teknik penilaian berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui telaah dokumen serta angket guru dan siswa. Data dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis, tes lisan, penugasan, unjuk kerja, proyek dan portofolio. Meskipun seluruh teknik penilaian digunakan oleh guru, akan tetapi tidak semuajenis teknik penilaian yang digunakan. Untuk teknik tes tertulis guru hanya menggunakan jenis soal pilihan, isian ganda dan esai. Untuk penugasan, guru memilih penugasan secara berkelompok. Sementara untuk unjuk kerja, guru sering meminta siswa untuk berbicara daripada menulis, dan (2) Implementasi teknik penilaian berdasarkan angket guru dan siswa masing-masing adalah 80,16% dan 65,94% dengan kategori baik

Keywords


Implementasi, Teknik Penilaian, Bahasa Inggris, Kurikulum 2013