Abstract


Abstrak


Penulisan makalah ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan brainstorming activity dalam pengajaran menulis discussion text. Brainstorming adalah teknik yang terdapat dalam step prewriting. Pada implementasinya, brainstorming activity merupakan hal utama dalam satu kali pertemuan di kelas, karena prewriting merupakan fondasi penciptaan suatu teks. Brainstorming activity bertujuan untuk memudahkan siswa dalam menciptakan dan mengembangkan ide. Brainstorming dapat di aplikasikan secara berkelompok ataupun individual. Proses pengajaran terbagi kedalam tiga tahapan, yakni Pre Teaching, Whilst Teaching, dan Post Teaching. Pada Pre Teaching, guru mengaktifkan latar belakang pengetahuan siswa tentang topik yang akan dibangun jadi teks pada tahap berikutnya. Pada Whilst Teaching, guru memodelkan sebagian teks (the issue) sebagai contoh, kemudian siswa melakukan brainstorming secara berekelompok. Pada Post Teaching, guru menyimpulkan pembelajaran dan memberikan tugas pada siswa.


Key words: Brainstorming, Prewriting, Discussion text.