Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru dan Dosen melalui Kegiatan Revitalisasi Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah dan Perguruan Tinggi

Upit Yulianti DN(1),
(1) STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang  Indonesia

Corresponding Author



Abstract


Meningkatnya jumlah guru dan dosen professional belumlah menjadi ukuran dan patokan standar dari pembelajaran yang berkualitas. Hal ini didasari oleh adanya kenyataan bahwa masih rendahnya kualitas pembelajaran itu sendiri baik di sekolah maupun perguruan tinggi. Ketidakterampilan peserta didik dalam kegiatan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis menjadi suatu bukti ketidakprofesionalan dari dosen dan guru yang sudah professional tersebut. Salah satu faktor penyebab ketidakterampilan tersebut berangkat dari ketidakprofesionalan guru dan dosen terhadap pengelolaan tahapan pelaksanaan proses pembejaran di kelas.

Tulisan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan berbagai upaya peningkatan profesionalitas guru dan dosen melalui revitalisasi proses pelaksanaan pembelajaran di kelas; (2) untuk melihat kebermanfaatan berbagai upaya tersebut dalam meningkatkan keprofesionalan guru dan dosen. Penyajian tulisan ini bersifat  deskriptif karena berupaya memberikan gambaran tentang berbagai upaya peningkatan profesionalitas guru dan dosen melalui kegiatan merevitalisasi pelaksanaan dari proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang telah dilaksanakan selama ini. Kegiatan revitalisasi tersebut tentu saja terkait dengan perkembangan teknologi komunikasi yang semakin mengglobal

Profesionalitas guru dan dosen dapat ditingkatkan melalui kegiatan merevitalisasi kembali tahapan pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah maupun perguruan tinggi dalam kerangka menghasilkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berkualitas dan mumpuni.

 

Kata kunci: profesi, profesionalitas revitalisasi, pembelajaran,


Article Metrics

 Abstract Views : 186 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.