Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru dan Dosen melalui Kegiatan Revitalisasi Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah dan Perguruan Tinggi
(1) STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang  Indonesia
Corresponding Author
Abstract
Meningkatnya jumlah guru dan dosen professional belumlah menjadi ukuran dan patokan standar dari pembelajaran yang berkualitas. Hal ini didasari oleh adanya kenyataan bahwa masih rendahnya kualitas pembelajaran itu sendiri baik di sekolah maupun perguruan tinggi. Ketidakterampilan peserta didik dalam kegiatan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis menjadi suatu bukti ketidakprofesionalan dari dosen dan guru yang sudah professional tersebut. Salah satu faktor penyebab ketidakterampilan tersebut berangkat dari ketidakprofesionalan guru dan dosen terhadap pengelolaan tahapan pelaksanaan proses pembejaran di kelas.
Tulisan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan berbagai upaya peningkatan profesionalitas guru dan dosen melalui revitalisasi proses pelaksanaan pembelajaran di kelas; (2) untuk melihat kebermanfaatan berbagai upaya tersebut dalam meningkatkan keprofesionalan guru dan dosen. Penyajian tulisan ini bersifat deskriptif karena berupaya memberikan gambaran tentang berbagai upaya peningkatan profesionalitas guru dan dosen melalui kegiatan merevitalisasi pelaksanaan dari proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang telah dilaksanakan selama ini. Kegiatan revitalisasi tersebut tentu saja terkait dengan perkembangan teknologi komunikasi yang semakin mengglobal
Profesionalitas guru dan dosen dapat ditingkatkan melalui kegiatan merevitalisasi kembali tahapan pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah maupun perguruan tinggi dalam kerangka menghasilkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berkualitas dan mumpuni.
Kata kunci: profesi, profesionalitas revitalisasi, pembelajaran,
Article Metrics
Abstract Views : 216 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.