The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Program kemitraan masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman dalam pengelolaan perpustakaan untuk mendukung aktivitas literasi sekolah di MTsN 1 Pesisir Selatan. Target capaian dari kegiatan ini adalah: 1) Meningkatkan kualitas SDM dalam mengelola perpustakaan sekolah untuk menumbuhkan kesadaran mengenai arti pentingnya perpustakaan dalam pembelajaran siswa sekolah, 2) Meningkatkan budaya baca dan aktivitas literasi di lingkungan sekolah, 3) Memberikan pelatihan dalam mengoperasikan Senayan Library Management System (SLiMS) dalam pengelolaan Perpustakaan di MTsN 1 Pesisir Selatan. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan memberikan sosialisasi literasi sekolah untuk menumbuhkan minat baca pada diri siswa agar kemampuan literasi dapat meningkat dan efektif. Lalu memberikan sosialisasi kepada guru staf perpustakaan untuk peningkatan kualitas SDM dalam mengelola perpustakaan sekolah untuk menumbuhkan kesadaran mengenai arti pentingnya perpustakaan dalam pembelajaran siswa sekolah. Memberikan pelatihan terkait dengan pekerjaan teknis pengelolaan perpustakaan yang meliputi layanan, tata kelola perpustakaan, dan pemeliharaan koleksi perpustakaan, setelah itu dilanjutkan dengan memberikan pelatihan dalam mengoperasikan Senayan Library Management System (SLiMS) dalam pengelolaan perpustakaan. Untuk evaluasi ketercapaian tujuan akan dilakukan pengamatan penerapan pengoperasian perangkat dan software perpustakaan sekolah SliMS, serta melihat sejauh mana pengelolaan perpustakaan bisa menarik minat siswa dalam memanfaatkan koleksi buku dan menumbuhkan minat baca. Diskusi dengan pihak petugas perpustakaan terhadap hasil akhir praktik pembimbingan dalam pengenalan software SliMS dan pengelolaan perpustakaan.


Keywords


Pengelolaan perpustakaan; literasi sekolah; senayan library management system (SLiMS).