The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Artikel ini mebahas tentang Kearsipan yang memiliki peran penting bagi kelancaran jalannya administrasi perpustakaan. Dalam aktifitas pengelolaan arsip meliputi pencatatan arsip, penataan arsip, penyimpanan arsip, pemeliharaan arsip, dan penyusutan arsip. Aktifitas pengelolaan arsip selalu mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui pengelolaan arsip dan kendala dalam pengelolaan arsip yang dilaksanakan di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Arsip merupakan hasil rekaman aktifitas atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media yang sesuai dengan perkembangan zaman atau teknologi informasi dan komunikasi dan dapat diterima oleh lembaga pendidikan pada konteks pelaksanaan  di lingkungan pendidikan. Penilitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan analisis deskriptif. Penataan arsip, penyimpanan arsip, pemeliharaan, temu kembali arsip, pemusnahan arsip di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan tolak ukur yang utama untuk keberhasilan pengelolaan asrip.


Keywords


Kearsipan, Arsip, dan Pengelolaan Arsip